Sukses

Cegah Banjir, Warga Bandung Gotong Royong Pasang Tanggul dan Brojong

Fokus, Bandung - Tim gabungan TNI, Polri, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang dibantu warga bahu membahu memasang tanggul darurat dan bronjong untuk mencegah kembali meluapnya air dari aliran sungai ke permukiman warga di kawasan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (12/2/2019), usai terjadinya banjir bandang, lumpur dengan ketebalan hingga mencapai 10 sentimeter masih mengendap di akses jalan permukiman warga.

Sebagian warga juga masih melakukan upaya bersih-bersih di dalam rumah akibat perabotannya hancur diterjang banjir.

Sementara, pemerintah Kabupaten Bandung terus melakukan pendataan kerusakan rumah warga dan akan mengkaji ulang pembangunan di wilayah hulu terutama kawasan Bandung Utara yang diduga memicu berkurangnya resapan air hingga menyebabakan banjir.

Banjir bandang yang terjadi pada akhir pekan lalu ini dipicu jebolnya sebuah tanggul penahan sungai yang diduga tidak kuat menahan gerusan air saat hujan deras. 

Namun, adanya alih fungsi lahan di wilayah hulu Bandung Utara juga diduga kuat menjadi pemicu tanggul jebol. (Muhammad Gustirha Yunas)