Sukses

3 Wilayah Indonesia Dilanda Lindu Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Gempa kembali menggoyang beberapa wilayah di Indonesia hari ini, Kamis (7/2/2019). Goyangan lindu mulai dirasakan sejak pukul 11.15 WIB hingga 17.11 WIB dengan wilayah yang berbeda-beda.

Melalui situs resmi milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id, dua gempa terjadi di Maluku Utara. Sedangkan satu lagi, guncangan gempa terasa di Papua.

Dua gempa yang terjadi di Maluku Utara, tercatat memiliki pusat gempa yang sama, yaitu berada di laut dengan kedalaman 10 kilometer.

Meski guncangan gempa yang dirasakan terbilang cukup kuat, hingga kini BMKG belum melaporkan adanya kerusakan yang ditimbulkan akibat lindu ataupun adanya korban jiwa.

Berikut gempa hari ini yang terjadi di Indonesia dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Ternate

Getaran gempa hari ini pertama kali terjadi di Ternate, Maluku Utara. Gempa terjadi pada pukul 11.15 WIB dan bermagnitudo 5,6.

Lokasi gempa terdapat pada titik 1,47 Lintang Utara-126,43 Bujur Timur. Kedalaman gempa 10 kilometer.

Pusat gempa berada di laut 129 kilometer Barat Laut Ternate.

 

3 dari 4 halaman

2. Morotai

Gempa mengguncang Kepulauan Morotai di Provinsi Maluku Utara. Morotai digoyang lindu magnitudo 5,3 pada pukul 17.03 WIB.

Lokasi gempa terdapat pada titik 2,23 Lintang Utara-128,71 Bujur Timur. Pusat gempa berada di 37 kilometer sebelah tenggara Pulau Morortai dengan kedalaman mencapai 10 kilometer.

Pusat gempa berada di laut 37 kilometer Tenggara Pulau Morotai.

BMKG menyatakan, gempa dengan kedalaman 10 kilometer tidak berpotensi tsunami.

 

4 dari 4 halaman

3. Papua

Gempa dengan kekuatan magnitudo 5 juga menggoyang Kabupatan Sarmi, Papua pukul 17.11 WIB.

Lokasi gempa berada pada titik koordinat 2,05 Lintang Selatan-139,00 Bujur Timur.

Sementara, pusat gempa berada di 51 kilometer barat laut Kabupaten Sarmi, Papua dengan kedalaman mencapai 20 kilometer.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.
    Gempa
  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa Hari Ini
  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).
    BMKG