Sukses

Hatta Imbau Kadernya Tak Gunakan Hak Interpelasi

Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa mengatakan, kader partainya yang duduk di parlemen untuk tidak menggunakan hak interpelasinya terhadap Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan.

Liputan6.com, Jakarta: Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa mengatakan, kader partainya yang duduk di parlemen untuk tidak menggunakan hak interpelasinya terhadap Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan.

"Saya sebagai Ketua Umum PAN tidak menganjurkan anggota PAN untuk melakukan interpelasi," ujar Hatta usai menghadiri acara Wirausaha Maju Bersama PAN di Jakarta, Ahad (15/4).

Kendati demikian, sambung Hatta, dirinya tak mau mencampuri kewenangan DPR yang akan menggunakan hak interpelasinya kepada Menteri BUMN. "Kalau PAN tidak soal itu," katanya.

Adalah Wakil Ketua Komisi Badan Usaha Milik Negara DPR RI Aria Bima yang menggulirkan usulan hak interpelasi atau mengajukan pertanyaan kepada Menteri Dahlan. Pengajuan hak tersebut dilakukan untuk mempertanyakan perihal Keputusan Menteri BUMN Nomor 236/MBU/2011 yang disetujui Dahlan Iskan.

Adapun menurut Ketua DPR Marzuki Alie, interpelasi yang digalang wakil rakyat kepada Menteri BUMN Dahlan Iskan bertujuan untuk meluruskan kebijakan yang dianggap salah kaprah. Sebab, Dahlan dianggap mendelegasikan kewenangannya yang diatur dalam UU kepada orang yang tidak berwenang [baca: Marzuki Alie: Interpelasi DPR untuk Meluruskan].(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.