Sukses

Atasi Macet, Anies Akan Bangun Lahan Parkir di Luar Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana membangun sejumlah lahan parkir di luar Jakarta. Anies menyebut hal tersebut guna mengatasi kemacetan yang terjadi di Jabodetabek.

"Lahan parkir DKI bisa dibangun tidak hanya di DKI, tapi bisa bangun di luar Jakarta," kata Anies di Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu (9/1/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan lahan parkir tarif murah rencananya dibangun di sekitar transportasi umum di luar Jakarta, misalnya di kawasan LRT ataupun MRT.  Sedangkan tarif lahan parkir di Jakarta akan ditinggikan.

Hal tersebut, kata dia, dapat dilakukan ketika Pemprov DKI menjadi leading party untuk pengelolaan transportasi di Jabodetabek.

"Karena kita satu badan bisa lakukan itu tapi kalau kita tak bisa memiliki kewenangan itu akan sulit," jelas Anies Baswedan.

2 dari 2 halaman

Kelola Jalan Nasional

Sementara itu, guna mengurai kemacetan di Anies menyebut nantinya jalan-jalan nasional di Jakarta akan dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta. Dari jumlah total yaitu 38 jalan baru 25 yang dikelola oleh Pemprov dan sisanya 13 baru akan diserahkan.

"Kemarin sudah diberikan arahan itu Pak Menteri PUPR juga menyampaikan bahwa itu nanti akan 100 persen diserahkan," jelasnya.

13 jalan tersebut diantaranya yaitu Jalan Daan Mogot, Jalan Bekasi Raya, Jalan Lingkar Barat, Jalan Pelabuhan, Jalan Jampea dan Jalan Cilincing Raya.

Selanjutnya yaitu Jalan Ciputat Raya, Jalan Pasar Jumat, Jalan Kartini, Jalan Bogor Raya, Jalan TB Simatupang, Jalan Cakung-Cilincing dan Jalan Akses Marunda.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: