Sukses

Pengunjung Melonjak, Pengelola Ragunan Undur Hari Privasi Satwa

Hari libur satwa itu biasanya dilakukan pada Senin atau bertepatan dengan 31 Desember 2018.

Liputan6.com, Jakarta Hari privasi untuk satwa di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan, diundur menjadi Rabu besok, 2 Januari 2019, yang pada hari biasa dilakukan hari Senin setiap pekannya.

"Diundur Rabu karena ada musim liburan Tahun Baru," kata staf layanan informasi Ragunan Wahyudi Bambang di Jakarta seperti dikutip Antara, Selasa (1/1/2019).

Hari libur satwa itu biasanya dilakukan pada Senin atau di kesempatan saat ini bertepatan dengan 31 Desember 2018. Namun, karena jumlah pengunjung biasanya melonjak pada pergantian tahun ,termasuk tanggal 1 Januari 2019, membuat pengelola melakukan kebijakan khusus.

Adapun pemberian libur satwa merupakan standar prosedur untuk menjaga agar satwa kebun binatang tidak stres. Dengan kata lain, pengelola KB Ragunan libur agar hewan memiliki waktu privasi setelah hampir setiap hari berada di kerumunan pengunjung.

Aneka satwa KB Ragunan saat ini berjumlah dua ribu lebih serta lima ribuan pohon dengan aneka jenis. Saat liburan Tahun Baru 2019, kepadatan pengunjung biasanya tergolong tinggi sehingga libur untuk satwa diundur.

Berdasarkan data pengelola KB Ragunan, jumlah pengunjung pada 31 Desember sebanyak 28.225 orang pengunjung, 1.911 sepeda motor, 1.589 mobil, sembilan bus dan 12 sepeda.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertama di Indonesia

Mulai Februari 2014, setiap hari Senin, Kebun Binatang Ragunan memberlakukan hari libur bagi seluruh satwa. Kebun Binatang Ragunan rata-rata setiap hari dikunjungi 10 ribu wisatawan. Tapi di hari libur satwa ini, Kebun Binatang Ragunan tidak menerima pengunjung, untuk memberi waktu istirahat bagi ribuan satwa.

Dengan kondisi ini, satwa-satwa disini terlihat lebih nyaman. Biasanya gorila kalau banyak pengunjung, mereka akan cenderung membelakangi pengunjung atau biasanya mereka mengambil makan dan menjauh dari pengunjung. Tapi sekarang tidak ada pengunjung, mereka enjoy makan di tempat yang ditentukan.

Bagi para pengurus kebun binatang, hari libur mereka gunakan untuk melakukan perbaikan ataupun penambahan fasilitas tempat bermain satwa.

Pemberlakuan hari libur bagi satwa di kebun binatang Ragunan ini, merupakan yang pertama dilakukan di Indonesia. Meski tidak seperti hari libur manusia, bagi satwa-satwa di sini susana hening membuat mereka merasa lebih tenang dan nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.