Sukses

Gempa Magnitudo 6,1 di Papua Tak Berpotensi Tsunami

Sutopo mengungkapkan tidak ada laporan terkait korban jiwa dan kerusakan bangunan dalam gempa Papua tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bermagnitudo 6,1 mengguncang Papua. Gempa yang berpusat di darat, 52 km barat daya Keerom Provinsi Papua itu memiliki kedalaman 106 km.

"Gempa Papua tidak berpotensi tsunami," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan, Minggu (16/12/2018).

Posko BNPB telah mengonfirmasi dampak gempa kepada BPBD Keerom. Gempa terasa kuat sekitar 3-4 detik di Kabupaten Keerom.

"Masyarakat panik dan keluar dari bangunan/rumah. Gempa juga dirasakan di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan Kabupaten Pegunungan Bintang dengan intensitas guncangan sedang hingga ringan," ujar dia.

Sutopo mengungkapkan tidak ada laporan terkait korban jiwa dan kerusakan bangunan dalam musibah tersebut. Pusdalops BPBD Papua juga sudah melaporkan bahwa keadaan aman dan terkendali.

"Masyarakat di Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan Kab. Peg. Bintang diimbau agar tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan berita yang tidak benar (hoaks).

 

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.