Sukses

Petilasan Tokoh Sunda Mbah Dalem Rusak Diterjang Puting Beliung Bogor

Bangunan yang rusak adalah atap bangunan bagian depan dan samping yang merupakan kamar mandi dan WC umum.

Liputan6.com, Bogor - Atap bangunan petilasan Mbah Dalem di Kelurahan Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat, rusak tertimpa pohon tumbang setelah diterjang angin puting beliung, Kamis 6 Desember sore.

Pantauan di lapangan, bangunan yang rusak adalah atap bangunan bagian depan dan samping yang merupakan kamar mandi dan WC umum.

Tak hanya itu, angin kencang juga merobohkan pagar menuju pintu masuk petilasan Mbah Dalem tersebut.

"Bagian atap di pojok pelataran rusak tertimpa pohon. Atap kamar mandi juga ambruk," kata Nenek Ating, juru kunci petilasan Mbah Dalem, Jumat (7/12/2018).

Dua pohon besar yang tumbang sampai saat ini masih dibiarkan begitu saja. Belum ada tanda-tanda pohon tersebut akan dievakuasi oleh pihak terkait.

"Belum, kami masih nunggu anggota BPBD," kata nenek berusia 72 tahun itu.

Dia berharap segera mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Karena petilasan ini hampir setiap hari banyak dikunjungi peziarah. Selain itu, situs ini masuk dalam cagar budaya.

"Kami cuma minta dibetulin. Ya syukur-syukur direhab total, sebab bangunannya juga sudah keropos," kata keturunan Mbah Dalem ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tokoh Sunda

Mbah Dalem adalah tokoh Sunda sekaligus salah satu penyebar agama Islam di wilayah Bogor. Bangunan tersebut merupakan tempat bertapa terakhir kalinya sebelum Mbah Dalem hilang secara gaib di kawasan itu.

Di dalam bangunan tersebut terdapat ruangan berukuran sekitar 3x3 meter dan di dalamnya terdapat petilasan.

Setiap malam Jumat atau bulan Mulud dan Rajab, tempat ini selalu ramai dikunjungi peziarah. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.