Sukses

5 Fakta Wawan Ketahuan Menginap di Hotel Bareng Artis Wanita

Terpidana kasus korupsi, Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan beberapa kali menyalahgunakan izin berobat keluar dari Lapas Sukamiskin

Liputan6.com, Jakarta - Terpidana kasus korupsi, Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan, beberapa kali menyalahgunakan izin berobat keluar dari Lapas Sukamiskin, Bandung. Suami Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany ini malah bertemu keluarga hingga menginap di hotel bersama wanita.

Hal itu terungkap dalam sidang perdana eks Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen, yang digelar di Ruang Tipikor Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, pada Rabu, 5 Desember. Wawan menjadi warga binaan (narapidana) sejak 2015.

Jaksa dari KPK, Trimulyono Hendradi, dalam berkas dakwaannya menyatakan bahwa pada Maret 2018 sampai dengan Juli 2018, Wahid Husen memberikan kemudahan dalam izin keluar dari Lapas untuk Wawan selama beberapa kali.

Di antaranya, pada 5 Juli 2018 dalam bentuk Izin Luar Biasa (ILB) dengan alasan mengunjungi ibunya yang sedang sakit di Serang, Banten. Setelah diberikan izin, Wawan malah pergi menginap di Hotel Hilton Bandung selama dua hari.

Lalu, Wahid Husen memberikan izin Wawan keluar Lapas dalam bentuk izin berobat ke Rumah Sakit Rosela, Karawang, pada 16 Juli 2018. Lagi-lagi izin itu disalahgunakan Wawan yang malah menginap di luar Lapas.

Untuk diketahui, Wawan divonis 5 tahun karena terbukti menyuap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar, dalam sengketa Pilkada Kabupaten Lebak dan Provinsi Banten.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bermalam di Hotel dengan Artis Wanita

Wawan pergi menggunakan mobil ambulans yang dibawa staf Keperawatan Lapas Sukamiskin bernama Ficky Fikri. Ia tidak pergi ke Karawang, melainkan ke parkiran rumah sakit di kawasan Arcamanik, Bandung.

Sesampainya di parkiran rumah sakit itu, Wawan lalu pindah ke mobil Toyota Innova warna hitam yang dikendarai Ari Arifin yang telah menunggunya. Mereka pergi menuju rumah kakaknya, Ratu Atut Chosiyah, di Jalan Suralaya IV Bandung.

"Setelah itu perjalanan dilanjutkan kembali menuju Hotel Grand Mercure Bandung. Wawan kemudian menginap di hotel tersebut bersama teman wanitanya," kata jaksa dari KPK, Trimulyono Hendradi, dalam dakwaan Wahid Husen.

Jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Takdir Suhan memberi bocoran sosok perempuan yang diajak 'ngamar'. "Diduga artis," ujar jaksa Takdir kepada merdeka.com, Kamis (6/12).

Dia menyembunyikan identitas artis perempuan yang dimaksud. Menurut dia, semua bukti-bukti akan dibuka di persidangan, termasuk CCTV.

3 dari 6 halaman

2. Terekam CCTV Hotel

Jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Takdir Suhan mengaku bukti itu akan dibuka di persidangan. Ada CCTV yang merekam saat Wawan masuk ke hotel bersama perempuan lain yang diduga artis.

"Nanti akan dibuka di sidang. Ada CCTV pas chek in," ujar jaksa Takdir kepada merdeka.com, Kamis (6/12).

CCTV itu diambil bulan Juli 2018. Saat Wawan menginap di Hotel Hilton Bandung selama dua hari. Saat itu, Wawan beralasan meminta izin mengunjungi ibunya yang sedang sakit di Serang, Banten. Izin itu diberikan langsung oleh mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husen.

Pada pertengahan Juli 2018, Wawan kembali meminta izin berobat. Tapi kenyataannya Wawan kembali menginap di luar lapas. Namun, Takdir tidak merinci saat Wawan chek in dengan perempuan diduga artis atau bukan.

"Selebihnya kita tunggu persidangan" ucapnya.

4 dari 6 halaman

3. Kuasa Hukum Membantah

Pada satu waktu, Wawan ketahuan menggunakan izin berobat untuk menginap di hotel bersama teman wanitanya. Kuasa hukum Wawan, Tubagus Sukatma, membantah dakwaan yang disampaikan jaksa di persidangan.

"Klien saya membantah menginap di hotel bersama seorang wanita," kata Tubagus Sukatma saat berbincang dengan merdeka.com, Kamis (6/12).

Tubagus menambahkan, kliennya juga membantah isi dakwaan yang menyebut pernah memberikan sejumlah uang ke Wahid selama menjadi kalapas.

"Klien saya membantah tentang tuduhan jaksa seakan-akan klien saya telah memberikan uang atau fasilitas kepada terdakwa," jelasnya.

Dia menambahkan, sebenarnya Wawan sudah memberikan penjelasan dan bantahan itu saat diperiksa sebagai saksi untuk Wahid Husein. Bahkan, katanya, suami Airin tersebut akan kembali menjelaskan di persidangan saat diminta sebagai saksi.

Terkait pengakuan KPK akan mengeluarkan CCTV yang merekam kebersamaan Wawan dan artis wanita di hotel, dia juga memastikan tak benar.

"Kan, Pak Wawan sudah membantah dan saya juga heran rasanya enggak mungkin dakwaan menyerempet soal-soal domestik dan infotainment," jelas Tubagus.

5 dari 6 halaman

4. Airin Rajin Jenguk Wawan

Sudah hampir empat tahun lamanya Airin Rachmi Diany tinggal berpisah dengan suaminya Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan. Wawan harus mendekam di balik jeruji besi karena terjerat sejumlah kasus korupsi yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Meski kondisi mengharuskan mereka berpisah tempat tinggal, wanita berparas ayu itu menyempatkan membesuk ke penjara di tengah kesibukannya sebagai Wali Kota Tangerang Selatan. Dua anaknya juga diajak.

"Setiap minggu Bu Airin dan anak-anak ada besuk," kata kuasa hukum Wawan, Tubagus Sukatma, saat berbincang dengan merdeka.com, Kamis (6/12).

Pada persidangan mantan kalapas, Wahid Husen, terungkap kehidupan adik Ratu Atut selama berada di Sukamiskin. Dia sering mengajukan izin berobat, tapi disalahgunakan untuk menginap di luar.

Bahkan pada satu waktu, dia ketahuan menginap di hotel bersama teman wanita yang belakangan diketahui seorang artis. Lalu apa tanggapan wanita berkerudung itu?

"Saya belum ketemu ibu," kata Tubagus Sukatma menjawab singkat.

6 dari 6 halaman

5. Airin Pilih Diam

Kelakuan Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan selama di LP Sukamiskin Bandung terungkap dalam persidangan dengan terdakwa mantan kalapas Wahed Husein. Fakta yang terungkap di persidangan tersebut enggan ditanggapi Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany.

Saat turun dari lantai dua ruang kerjanya di Pemkot Tangsel, wanita berhijab itu langsung masuk ke mobil Kijang Innova yang sudah menunggunya sambil melambaikan tangan ke awak media.

Terpisah, Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, menjelaskan hari ini Airin bekerja seperti biasa.

"Biasa, enggak ada yang berubah dari sikap Wali Kota Tangsel. Dia tetap bisa fokus menjalankan tugas-tugas pemerintahan," terang Benyamin saat ditanya apakah ada perubahan sikap Airin terkait kelakuan suaminya.

Benyamin menjelaskan Airin meninggalkan awak media karena banyak agenda menunggu.

"Agenda dinas sedang padat, semalam juga rapat sampai pukul 02.00 membahas mutasi lurah. Kalau bahas APBD bisa sampai jam 04.00. Saya no comment-lah, kalau kegiatan pribadi ibu. Tapi kalau kegiatan pemerintah yang pasti tetap jalan," tegas Benyamin.

Sementara itu, ayah kandung Airin, Anwar Martadiharja yang akrab disapa Abah, juga terlihat mendatangi kantor Airin. Ketika dimintai keterangan, Abah juga menjawab ringkas.

"Iya, enggak papa, enggak papa. Berita yang mana, nih? Saya tidak mengomentarinya, nanti saja sama Beliau," kata Abah Anwar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.