Sukses

Eceng Gondok Jadi Solusi Kali Bau di Jakarta?

Apabila berhasil, nantinya metode eceng gondok akan diterapkan di kali-kali Ibu Kota. Gubernur akan memantau program ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta berinovasi dengan menanam eceng gondok yang dipercaya dapat menjernihkan air dan menghilangkan bau tak sedap.

Dua blok eceng gondok dengan ukuran 30x11 meter sebanyak 18 kubik di Kali BMW, Jakarta Utara, dijadikan sarana uji coba.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (5/12/2018), apabila berhasil, nantinya metode eceng gondok akan diterapkan di kali-kali Ibu Kota. Gubernur akan memantau program ini.

Namun, bila kita mengengok ke tahun 2013 silam, eceng gondok bak momok bagi warga yang tinggal di sekitar kali dan danau. Tak hanya menjadi tempat berkembang biak nyamuk, pertumbuhan eceng gondok yang masif bahkan menyebabkan waduk menjadi dangkal dan meluap di kala hujan turun.

Gubernur DKI Jakarta di saat itu pun membersihkan eceng gondok dan merevitalisasi sungai. Hasilnya kali sempat bersih. Namun, kali kembali kotor akibat tangan-tangan jahil yang kerap membuang sampah sembarangan. (Rio Audhitama Sihombing)Â