Sukses

Jokowi Ajak ASEAN dan Tiongkok Kolaborasi di Bawah Konsep Indo-Pasifik

Jokowi menekankan prinsip penting mengenai konsep indo-pasifik tersebut.

Fokus, Singapura - Kerjasama multilateral menjadi bahasan utama dalam KTT ASEAN ke-33 yang dibuka Selasa lalu. Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Long menjadi tuan rumah pertemuan puncak kepala pemerintahan 10 negara di Asia Tenggara.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (15/11/2018), pertemuan juga dihadiri sejumlah negara mitra ASEAN seperti Tiongkok dan Amerika Serikat. Dalam KTT ASEAM-RRT yang berlangsung di Suntec Convention Centre, Presiden Joko Widodo mengajak ASEAN dan RRT untuk saling berkolaborasi di bawah konsep indo-pasifik.

Jokowi menekankan prinsip penting mengenai konsep indo-pasifik tersebut, tidak hendak mengisolasi satu atau beberapa negara tertentu dalam pergaulan dan kerja sama antarnegara di kawasan.

Sebaliknya, sambil menyinggung sentralitas dan peranan ASEAN, konsep indo-pasifik menurut Jokowi justru dicetuskan untuk meningkatkan keterbukaan kerja sama negara-negara di kawasan.

ASEAN memandang RRT sebagai mitra potensial bagi peningkatan kerja sama indo-pasifik. Presiden Jokowi menyebut ASEAN dan RRT setidaknya dapat meningkatkan kerjasama dalam sektor kemaritiman. (Rio Audhitama Sihombing)Â