Sukses

Novelis Lan Fang Meninggal Dunia

Liputan6.com, Surabaya: Novelis perempuan terkemuka asal Surabaya Lan Fang meninggal dunia dalam perawatan di Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura, Ahad (25/12). Penulis beberapa novel dan cerita pendek itu menderita kanker hati.

"Dia sebetulnya sudah lama menderita kanker hati, tapi tidak pernah dirasakan dan terus melakukan aktivitasnya. Sampai akhirnya parah dan tidak bisa disembuhkan," kata Sekretaris Dewan Kesenian Surabaya Farid Syamlan di Surabaya, Jatim.

Lan Fang terkenal dengan novelnya Perempuan Kembang Jepun dan Ciuman di Bawah Hujan. Ia  sempat dirawat lama di Rumah Sakit RKZ Surabaya. Kemudian dipindahkan ke Rumah Sakit Adi Husada.

"Dari Adi Husada, Jumat lalu ia diterbangkan ke Singapura, namun nyawanya tidak tertolong. Kami teman-teman seniman di Surabaya merasa sangat kehilangan atas meninggalnya seorang sahabat yang pergi terlalu cepat," kata Farid.

Farid mengenang Lan Fang sebagai sastrawan perempuan yang sangat potensial, yang dimiliki Surabaya dan Indonesia. Lan Fang dikenal memiliki semangat luar biasa untuk terus berkarya. "Setelah kepergian Lan Fang, para penulis novel perempuan di Indonesia dan khususnya Surabaya tentu akan kehilangan lawan untuk mengadu karya," katanya.

Lan Fang juga dikenal dengan "Gus Durian" atau pengikut Gus Dur, sehingga tidak aneh, ia banyak dekat dengan sejumlah tokoh ulama Nahdlatul Ulama. Pertemuan-pertemuannya dengan kalangan ulama itu seringkali kemudian ditulis oleh Lan Fang di sejumlah koran harian di Surabaya.

Tulisan-tulisan ringan perempuan kelahiran Banjarmasin, 5 Maret 1970, itu seringkali memberi inspirasi karena menyangkut kehidupan seorang tokoh.(Ant/SHA)

    Bus Tabrak Jurang di Makedonia, 13 Tewas

    Tutup Video