Sukses

Diguyur Hujan Deras, Bogor Dilanda Banjir dan Longsor

Liputan6.com, Bogor - Banjir dan tanah longsor melanda Bogor, Jawa Barat, Sabtu siang. Selain puluhan rumah dan satu sekolah terendam banjir, dua unit rumah rusak tertimpa longsor.

Data yang dihimpun, lima rumah, satu rumah makan dan satu sekolah PAUD di Kampung Muara, Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor terendam banjir setinggi 2,5 meter. Tidak ada korban dalam bencana tersebut.

Longsor juga menimbun rel kereta api lintas Bogor-Sukabumi tepat petak jalan Cigombong-Cicurug KM 20+0/1, 19 +8/9, Kampung Baru, Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Material longsor menyebabkan perjalanan KA Pangrango Sukabumi menuju Jakarta tertahan di Stasiun Maseng.

"Sore tadi sudah normal, bisa dilalui KA Pangrango," jelas Kapolsek Cijeruk AKP Anak Agung Raka, Sabtu (10/11/2018).

Longsor di wilayah itu juga menyebabkan dua rumah rusak tertimpa material tanah. Kemudian sejumlah atap rumah dan Majlis Ta'lim Nurul Hidayah Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk roboh akibat hujan deras dan angin kencang.

"Tidak ada korban, hanya saja rumah warga mengalami kerusakan parah dan sedang. Untuk rumah yang terendam saat ini sudah mulai surut," kata dia.

Selain banjir dan longsor, sebuah pohon bambu tumbang hingga menutupi sebagian di Jalan Raya Ciawi, Bogor. Akibat kejadian ini arus lalu lintas terganggu. Petugas kepolisian dan Dishub terpaksa melakukan buka tutup jalur secara bergantian.

Selanjutnya, jembatan yang menjadi akses warga Laladon Cilauk dengan Ciomas Rahayu, Kecamatan Ciomas, ambruk diterjang banjir. Tak cuma itu, dua unit rumah milik Iting dan Edi rusak parah tertimpa longsor.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Pohon Tumbang dan Longsor

Selain itu, banjir dan longsor serta pohon tumbang juga melanda wilayah Kota Bogor. Hujan deras yang terjadi sejak Sabtu siang hingga sore menyebabkan Sungai Cisadane dan beberapa aliran kali meluap. Akibatnya, belasan rumah di beberapa titik lokasi terendam banjir lintasan.

"Rumah yang terendam sudah surut sore tadi karena hanya banjir lintasan dan pohon tumbang yang menimpa rumah warga sudah dibersihkan," kata Achmad Maulana, petugas piket Pusdalops BPBD Kota Bogor.

Hingga pukul 20.27 WIB, data sementara tercatat ada 11 kejadian. Banjir, longsor, dan pohon tumbang tersebar di beberapa wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Bogor Selatan, Bogor Timur, Bogor Tengah, dan Bogor Barat.

Tidak ada korban jiwa bencana yang melanda Kota Bogor, namun seorang kakek bernama Badri (62) warga RT 005/002, Kelurahan Marga Jaya, Kecamatan Bogor Barat, mengalami luka ringan akibat terbawa aliran Kali Ciapus. Dia sempat hanyut sepanjang 300 meter.

Artikel Selanjutnya
Banjir Meluas, Petugas Kirim Kantong Mayat ke Indragiri Hulu
Artikel Selanjutnya
Masuk Musim Hujan, Bandung Barat Siaga Longsor Sampai Kapan?