Sukses

Anies Baswedan: MRT Jakarta Bisa Dinikmati Gratis pada Januari 2019

Warga bisa nikmati MRT gratis selama masa uji coba pada Januari 2019.

Fokus, Jakarta - Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Selasa siang mencoba MRT dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Rencananya MRT akan digratiskan sebelum resmi beroperasi pada Maret 2019.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (7/11/2018), Presiden Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirut MRT Jakarta William Subandar berangkat dari Bundaran HI sekitar pukul 11.00 WIB. Ternyata dari Bundaran HI sampai Depo Lebak Bulus yang sejauh 16 kilometer hanya ditempuh dalam waktu 15 menit.

Presiden Jokowi mengatakan progres pembangunan MRT sudah mencapai 97 persen. MRT diharapkan mulai akan beroperasi tepat waktu pada Maret 2019.  Untuk tahap kedua,  proyek MRT akan dimulai awal tahun 2019, bersamaan jalur paralel dari Balaraja hingga ke Tangerang Selatan.  

Sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan setelah uji coba teknis selesai, MRT akan diuji coba pada Januari 2019. Warga bisa naik MRT dengan gratis selama masa uji coba.  

Tarif MRT nantinya berkisar Rp 8.000 hingga Rp 9.000 sekali jalan. Diharapkan MRT akan terintegrasi dengan moda transportasi lain, seperti LRT, kereta bandara, bus Transjakarta, hingga Kopaja guna mengurangi kemacetan di Jakarta. (Karlina Sintia Dewi)