Sukses

Geger Fenomena Tanah Terbelah Terjadi di Depok

Peristiwa tanah terbelah bermula ketika hujan deras disertai angin kencang melanda Depok. Banjir pun terjadi. Setelah itu, muncul fenomena aneh.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah fenomena langka terjadi di permukiman warga di Kampung Pedurenan, Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Tanah di sekitar lokasi ini tiba-tiba retak dan terbelah.

Ketua RT 02 RW 02 Cisalak Pasar, Endang Suherman menjelaskan, peristiwa itu terjadi Sabtu, 20 Oktober 2018 sore hari.

Ketika itu, hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Depok. Kawasan ini pun direndam banjir. Namun, saat air surut, warga kaget melihat tanah seperti terbelah.

"Air pada masuk ke dalam lubang disertai suara gemuruh. Jadi banjir kemarin berhenti karena ada belahan itu," kata Endang ketika dihubungi Liputan6.com, Minggu malam (21/10/2018).

Endang melaporkan, tanah yang terbelah itu memiliki panjang sekitar 20 meter dengan lebar dan kedalaman berbeda-beda.

"Panjang 20 meter. Kedalamannya ada sekitar satu meter, 1,5 meter, 80 cm, 70 cm. Sedangkan, jarak regang ada 80 cm dan 30 cm," ujar Endang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Khawatir

Endang pun meminta pihak-pihak terkait untuk mengkaji fenomena tersebut. Warga takut kejadian serupa terjadi di kawasan lainnya.

"Tanah retaknya banyak. Kalau digambarkan garis tidak beraturan kaya kilat gitu. Harapannya dari dinas mengkroscek apakah ada potensi lagi ke yang lain. Biar secepatnya dikasih peringatan ke warga," tukas dia

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.