Sukses

Korban Bencana Gempa dan Tsunami di Sigi Sulteng Butuh Trauma Healing

Warga berharap bisa segera menyekolahkan kembali anak-anak dan mudah mendapat hak akademis.

Liputan6.com, Jakarta - Satgas Bencana Pemprov DKI terjun menyalurkan bantuan logistik dan penanganan trauma healing di Desa Soulowe, Sigi, Sulawesi Tengah. Warga pun sangat mengapresiasi lantaran baru pertama kali ada upaya pemulihan mental di sana.

Hal itu diungkapkan Nasbudin. Anak-anak dan lansia di kawasan tersebut masih merasa diteror oleh alam.

"Kami senang sekali ada bantu hibur-hibur. Belum ada sebelumnya. Warga sangat butuh terutama anak-anak. Mereka selalu banyak menangis karena gempa ini," tutur Nasbudin saat berbincang dengan Liputan6.com di lokasi, Minggu (14/10/2018).

Menurut pria berusia 50 tahun itu, masyarakat Sigi mendapat banyak bantuan logistik dari berbagai instansi. Mulai dari pemerintah hingga lembaga tertentu.

"Untuk air bersih kita upayakan sendiri dan bisa dapat dari menggali. Kita butuh makanan ya, dan pakaian juga," jelas dia.

Selain itu, masyarakat Sigi cukup perhatian dengan pendidikan. Mereka berharap bisa segera menyekolahkan kembali anak-anak dan mudah mendapat hak akademis.

"Tolong diperhatikan kesehatan, pendidikan, kebutuhan pokok. Langkah kemudian bisa pembangunan. Boleh bangun barak-barak dulu," kata Nasbudin.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Air Bersih

 

Warga lainnya, Abduh (49) menambahkan, masyarakat mulai mengalami penyakit gatal-gatal. Meski air bersih ada, di beberapa titik masih tercemar dan tidak layak digunakan. "Kemarin dua hari lalu satu dokter dan perawat datang membantu pengungsi. Tapi belum ada lagi," ujar Abduh.

Di desa tersebut, tim satgas bencana DKI Jakarta memberi bantuan logistik di antaranya terpal, mukena, sembako, selimut, dan air mineral.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.