Sukses

Hati-Hati Banyak Hoaks Terkait Gempa Palu Magnitudo 5,2

Sutopo meminta masyarakat tetap tenang, sebab gempa kecil tidak akan menimbulkan dampak apa pun.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat khususnya yang berada di Palu dan Bulukumba harus berhati-hati dengan banyaknya kabar bohong atau hoaks terkait gempa yang baru saja terjadi, dengan Magnitudo 5,2 dan 4,8.

Sebab, saat ini banyak foto dan video hoaks yang beredar dan meresahkan masyarakat. Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, kedua gempa itu tidak menimbulkan kerusakan maupun korban jiwa.

"Namun oleh oknum disebarkan video dan foto-foto di medsos bahwa gempa tersebut menyebabkan jalan terbelah, rumah hancur, dan kepanikan luar biasa. Video dan foto itu adalah dokumentasi dampak gempa Magnitudo 7,4 di Donggala yang terjadi pada 28 September 2018 sore," ujar Sutopo, Selasa (9/10/2018).

Sutopo meminta masyarakat tetap tenang. Sebab jika gempa kecil, tidak akan menimbulkan dampak apa pun.

"Hampir setiap hari terjadi gempa di Indonesia. Rata-rata 5.000 hingga 6.000 kali kejadian gempa dalam setahun di Indonesia. Jadi jangan terlalu takut dan berpikir negatif saat mendengar informasi ada gempa. BNPB dan BMKG pasti menyampaikan kepada masyarakat," tandas Sutopo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Palu

Pagi tadi gempa bermagnitudo 5,2 melanda kota Palu. Gempa dirasakan kuat selama 5 detik dan masyarakat sempat panik.

Namun Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Hingga saat ini belum ada laporan korban dan kerusakan akibat gempa.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BNPB adalah Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

    BNPB

  • Gempa Palu