Sukses

Gempa Magnitudo 5,9 Kembali Goyang Sumba Timur

Pusat gempa berada di 65 kilometer Barat Daya Sumba Timur pada kedalaman 10 kilometer.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa Magnitudo 5,9 menggoyang wilayah Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Selasa (2/10/2018). Gempa yang terjadi pukul 11.49 WIB itu berlokasi di 10.54 lintang selatan dan 120.16 bujur timur.

Seperti dilansir laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di 65 kilometer Barat Daya Sumba Timur pada kedalaman 10 kilometer.

Hingga kini, belum ada laporan tentang kerusakan yang terjadi akibat gempa ini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Susulan

Sebelumnya, gempa Magnitudo 6,3 mengguncang Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Selasa pukul 07.16 WIB. Gempa ini juga dirasakan oleh warga di Kabupaten Bima dan Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto, di Mataram, Selasa, mengatakan getaran gempa bumi yang dirasakan di Bima dan Dompu dalam skala intensitas II Skala Intensitas Gempa Bumi (SIG) BMKG atau III modified mercalli intensity (MMI).

"Gempa di Sumba Timur dengan kedalaman 10 kilometer tersebut juga terasa di Waingapu, dan Tambolaka sebesar II SIG BMKG (IV MMI)," ungkap Agus, seperti dikutip Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Sumba Timur

  • NTT