Sukses

Insiden Kurang Kursi di Penerbangan Palembang-Jakarta, Ini Penjelasan Lion Air

Seorang penumpang Lion Air jengkel dengan pelayanan maskapai penerbangan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang penumpang Lion Air jengkel dengan pelayanan maskapai penerbangan tersebut. Kekesalannya pun ditumpahkan ke dalam bentuk tulisan di media sosial yang berjudul "Surat Terbuka Untuk Lion Air".

Penumpang itu bernama Satwika. Minggu lalu, 16 September 2018, Satwika menumpang pesawat Lion Air dari Palembang menuju Jakarta, dengan jadwal penerbangan pagi hari.

Seperti penumpang pada umumnya, malam harinya Satwika check in secara online. Dalam dokumen masuk ke pesawat (boarding pass) dia mendapatkan kursi nomor 35F. Namun, kenyataan ketika naik ke pesawat, tidak ada nomor kursi tersebut.

"Kursi cuma sampai nomor 34. Sekali lagi, cuma sampai nomor 34. Sedangkan nomor kursi saya 35. Terus, saya duduk di mana, dong? Lesehan deket toilet?" ujar dia ketika dikonfirmasi, Senin, 24 September 2018.

Tidak sampai di situ, Satwika juga mengeluhkan ketidakramahan oknum pramugari Lion Air. Padahal, saat itu ingin meminta penjelasaan.

"Saya tanya baik-baik apakah saya berada di pesawat yang benar sesuai dengan tiket. Pramugari bilang, benar," ucap dia.

"Kok, nomor kursinya cuma sampai 34 mbak. Saya dapat nomor 35," saya lanjut bertanya.

"Standby saja dulu. Nanti dijamin pasti dapat kursi," jawab si pramugari sambil ngeloyor pergi tanpa menjelaskan apa yang terjadi.

Ternyata kejadian serupa juga dialami penumpang Lion Air lain. "Ada pasangan suami istri bawa anak yang senasib dengan saya. Setelah sempat berdebat, akhirnya petugas mengarahkan suami istri itu ke bagian depan. Saya tidak tahu lagi kelanjutannya. Sudah lelah jiwa," papar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Lion Air

Sementara itu Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro, mengatakan, penerbangan Lion Air JT-1341 Rute Palembang ke Soekarno-Hatta, Tangerang, seharusnya mengoperasikan Boeing 737-900ER berkapasitas 215 kursi dengan nomor hingga 39.

Dikarenakan rotasi pesawat yang berpotensi menyebabkan keterlambatan penerbangan, maka Lion Air menggunakan Boeing 737-800NG berkapasitas 189 penumpang, yaitu baris kursi sampai nomor 34.

"Alasan penggantian pesawat dilakukan secara mendadak karena operasional, yang bertujuan untuk menjamin keselamatan penerbangan dan ketepatan waktu terbang. Dalam kondisi saat penggantian pesawat, sebagian besar penumpang sudah melakukan check-in," kata dia dalam keterangan tertulisnya.

"Lion Air JT-1341 telah lepas landas sesuai jadwal keberangkatan (schedule time departure) dari Palembang yaitu pukul 07.05 WIB," lanjut dia.

Atas kejadian tersebut, Lion Air menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seorang pelanggan atas ketidaknyamanan yang terjadi.

"Penanganan kepada pelanggan sudah diselesaikan secara baik," kata Danang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.