Sukses

Hadiri Festival Budaya Indonesia di Azerbaijan, Ini Kesan Mendikbud

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Efendi menghadiri acara pembukaan Indonesia Cultural Festival (ICF) 2018 yang digelar Kedutaan Besar RI (KBRI) untuk Azerbaijan di kota Baku.

Dalam sambutannya, Muhadjir menilai, ICF 2018 merupakan kegiatan festival budaya Indonesia yang paling besar di luar negeri. Dia berharap acara ini menjadi pembuka kerjasama yang berkelanjutan antara Indonesia dan Azerbaijan.

"Mudah-mudahan ini tanda kerjasama yang bagus antara Indonesia-Azerbaijan, kita bukan hanya akan kerjasama Kebudayaan saja, namun juga Pendidikan, dan pengembangan bahasa Indonedia di kampus Azerbaijan, juga sektor ekonomi tentunya, semangat ICF" ujar Muhajir dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Minggu, 16 September 2018. 

Muhadjir pun menyebut ICF 2018 merupakan acara festival budaya Indonesia terbesar yang diadakan di luar negeri. Karena itu, dia mengaku bangga dapat menghadiri acara tersebut.

"Ini (acara ICF) kita lakukan untuk martabat dan harga diri Bangsa Indonesia, ini salah satu festival terbaik, saya bangga, ini Indonesia Cultural Festival di Dunia" tegas Muhajir.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Azerbaijan, Husnan Bey Fananie mengatakan, ICF ini sebagai opini positif dan pembuktian bahwa Indonesia semakin dikenal di Azerbaijan. 

"ICF ini adalah bukti Kita ingin memajukan sektor budaya Indonesia, sektor ekonomi dan sektor hubungan diplomasi kita kepada Azerbaijan. Dengan banyak terlihat sekali antusiasme warga Azerbaijan yang ikut memeriahkan acara ICF," ucap dia. 

 

2 dari 2 halaman

Perkenalkan Indonesia

Dia pun berharap, penyelenggaraan ICF 2018 ini dapat semakin memperkenalkan Indonesia kepada warga Azerbaijan. Dia ingin warga Azerbaijan mengetahui bahwa Indonesia tidak hanya bali, namun juga banyak kawasan di Indonesia yang mempunyai keindahan alam yang tak kalah dengan Bali.

"Sekarang warga Azerbaijan tau Indonesia" ungkap Husnan dalam pidato pembukaan ICF 2018 Expo, di Founten Square, Baku. 

ICF 2018 diikuti oleh beberapa kementerian Indonesia, antara lain, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Agama.

Adapun sejumlah  tarian turut dibawakan dalam acara tersebut, di antaranya tarian Ondel-ondel, tarian Prampak Gendang, tarian Enggang, Jajar Gandrung dan Reog Ponorogo.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Live Streaming EMTEK GOES TO CAMPUS 2018 di Surabaya

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Ratusan Ribu Warga Azerbaijan Diprediksi Akan Membanjiri Indonesia Cultural Festival 2018
Artikel Selanjutnya
Jauh dari Tanah Air, Upacara HUT ke-73 RI di Azerbaijan Berlangsung Haru