Sukses

Menanti Kejutan di Asian Para Games 2018

Panitia Asian Para Games 2018 meminta warga Jakarta lebih menggaungkan kompetisi olahraga para atlet difabel tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Asian Games 2018 telah berlangsung sukses di Jakarta dan Palembang. Selanjutnya, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018 yang bakal dihelat di Jakarta, 6 hingga 13 Oktober 2018.

Panitia penyelenggara Asian Para Games 2018 (Inapgoc) meminta warga Jakarta agar lebih menggaungkan kompetisi olahraga yang dikhususkan bagi para difabel tersebut.

"Intinya, kita harus membuat masyarakat supaya ikut merasakan demam Asian Para Games, sama seperti demam Asian Games waktu itu. Promosi Asian Para Games harus lebih digencarkan lagi," ujar Wakil Ketua Umum I Inapgoc, Sylviana Murni, Kamis, 13 September 2018.

Pawai Obor pun digelar di sembilan kota di Tanah Air. Kota mana saja yang dilewati? Bagaimana pula jumlah negara peserta hingga cabang olahraga yang bakal dipertandingkan di Asian Para Games 2018. Simak Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Maskot Momo Si Elang Bondol

Asian Para Games 2018 menghadirkan maskot Momo, elang bondol (Haliastur indus) yang juga menjadi ikon Jakarta. Momo merupakan singkatan dari Motivasi dan Mobilitas.

Artinya, setiap orang terus bergerak maju dan beradaptasi dengan waktu dan dunia yang mudah berubah. Elang bondol juga merujuk simbol burung yang kuat dan berani. Kombinasi dari nama Momo serta simbol elang bondol dianggap sebagai perpaduan yang tepat.

Gemasnya Momo si maskot Asian Para Games juga semakin bertambah dengan pakaian khas budaya Betawi. Momo mengenakan sabuk Betawi yang biasa menandakan jawara atau juara. Alasan mengapa maskot Asian Para Games sangat kental dengan budaya Betawi karena ajang ini diselenggarakan di Jakarta.

 

3 dari 3 halaman

Kejutan di Opening Ceremony

Inapgoc telah menyiapkan kejutan istimewa untuk acara pembukaan Asian Para Games 2018. Menurut Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari, akan ada perbedaan konsep yang mereka tawarkan terkait acara pembukaan.

"Asian Para Games 2018 nanti dalam bentuk gelaran besar yang memberikan pesan-pesan kemanusiaan. Seperti apa lengkapnya, kita tunggu nanti," kata Okto, seperti dilansir Antara, Kamis, 13 September 2018.

Sekalipun fokus dalam menjunjung tinggi kemanusiaan, Inapgoc tetap akan menghadirkan beberapa bintang tamu, baik nasional ataupun dari luar negeri. Hanya, Okto belum mau menyebut, siapa saja yang akan dilibatkan dalam acara ini. Begitu pula dengan acara penutupan nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.