Sukses

Polri Siapkan 272 Ribu Personel Amankan Pemilu 2019

Bukan hanya personel, TNI juga mendukung logistik pengamanan Pemilu 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Polri menyiapkan 272.880 personel untuk mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2019. Jumlah itu belum termasuk kekuatan pendukung dari TNI dan lembaga lain.

"Jumlah anggota Polri yang dilibatkan di dalam pelaksanaan pengamanan pemilu dari mulai tahap kampanye sampai tahap pelantikan ada 272.880 personel," ucap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Jakarta Selatan, Jumat (14/9/2018).

Dedi belum mengetahui jumlah pasti personel TNI yang diperbantukan untuk pengamanan Pemilu 2019. Namun, TNI akan mengirimkan dua pertiga dari jumlah personel Polri.

Bukan hanya personel, TNI juga mendukung logistik pengamanan Pemilu 2019. Hal itu tentu akan memudahkan tugas polri dalam operasi pengamanan pemilu dengan nama sandi Operasi Mantap Brata tersebut.

"Jadi pada perinsipnya, TNI juga akan mem-back up baik dari personel, sarana prasarana, juga akan di-back up seluruh kegiatan pengamanan ini," ucap Dedi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hingga Tingkat Wilayah

Jenderal bintang satu itu menyatakan, pihaknya sudah siap mengamankan tahapan Pemilu 2019 sejak pendaftaran capres-cawapres dan caleg. Pengamanan dilakukan dari tingkat Mabes Polri hingga ke tingkat satuan wilayah atau polres.

"Di kampanye itu juga akan ada potensi kerawanan. Di situ kepolisian juga mengantisipasi dengan baik. Dari mulai tingkat Mabes sampai dengan tingkat Polres seluruh anggota sudah siap untuk melaksanakan pengamanan pemilu," kata Dedi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.