Sukses

Tingkat Kepercayaan Publik Meningkat, PP Ahsanu Nilai Polri Semakin Dicintai Masyarakat

Ketua Umum Lajnah Tanfidziyah PP Ahsanu Rizqi Fathul Hakim menyoroti peningkatan kepercayaan publik terhadap institusi Polri dibawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada 2023 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Lajnah Tanfidziyah Pimpinan Pusat Ahlu Harakatissalaam Li Nahdlotil ‘Ummah (PP Ahsanu) Rizqi Fathul Hakim menyoroti peningkatan kepercayaan publik terhadap institusi Polri dibawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada 2023 ini.

Menurut Rizqi, Kapolri Listyo Sigit berhasil membawa institusi Polri semakin dicintai masyarakat Indonesia.

"Fenomena keterlibatan sejumlah oknum petinggi Polri (Pati) dalam kasus Teddy Minahasa alias 'TM' dan dalam drama panjang kasus Ferdi Sambo alias 'FS' justru sebagai ujian yang menguatkan institusi Polri itu sendiri," ujar Rizqi yang disampaikan melalui keterangan tertulis, Kamis (29/3/2023).

Dia menilai, momentum tersebut secara tidak langsung telah membuktikan kepada publik bahwa Polri adalah institusi yang netral, demokratis, dan tentunya semakin dicintai serta dipercaya oleh masyarakat Indonesia.

"Kami yakin Polri akan menjadi lebih baik, lebih profesional dan juga lebih proporsional pasca tertangkapnya TM dan FS bersama sejumlah oknum Polri yang terlibat. Tentu peristiwa ini akan terus kami ingat. Dan semoga apa yang telah dicapai oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit beserta jajaran saat ini kelak akan menjadi teladan bagi generasi selanjutnya," papar Rizqi.

Kemudian, Polri juga akan menyediakan Mudik Gratis pada Idul Fitri 2023. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tengah menyiapkan fasilitas untuk masyarakat yang akan pulang kampung halamannya pada Lebaran 2023. Hal tersebut juga diapresiasi oleh Rizqi.

"Ditengah ujian berat yang dihadapi Polri, pelayanan kepada masyarakat selalu menjadi hal yang utama bagi kepolisian. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan menyediakan mudik gratis serta strategi pengamanan mudik 2023 yang aman dan lancar. Hal tersebut patut kita apresiasi," jelas Rizqi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerja Keras Kapolri Buahkan Hasil

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PP Ahsanu Imam Maksum Amrullah mengakui kerja keras selama ini yang dilakukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit dan anak buahnya.

"Wajar bila Kerja keras Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta tim seluruh anggota Polri se tanah air diacungi jempol, karena Polri berhasil menjaga dan mengembalikan marwah korps Bhayangkara ke arah lebih baik, menjadi inspirasi sebagai lokomotif pembentuk karakter bangsa yang teladan," jelas Imam juga Kepala Pondok Pesantren Al-Um Pagentongan-Bogor.

Sebelumnya, Hasil survei terbaru Indikator menyebutkan keprcayaan publik terkait lembaga penegak hukum cenderung meningkat.

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi, dilihat tingkat kepercayaan lembaga penegakam hukum, Kejaksaan Agung menjadi lembaga yang sangat dipercaya publik dengan raihan 7,4 persen, Pengadilan 7,5 Persen, KPK 7,4 persen, Polri 6,2 persen.

"Sementara yang cukup percaya dengan Kejaksaan Agung sebesar 68,8 persen, pengadilan 66,3 persen, KPK 63,7 persen, Polri 58,2 persen,” kata Burhanuddin dalam rilis daring, Minggu 26 Maret 2023.

 

3 dari 3 halaman

Hasil Survei Indikator

Menurut Burhanuddin, secara umum kepercayaan terhadap lembaga negara cenderung mengalami peningkatan atau stabil.

"Dalam penegakan hukum, Kejaksaan Agung dan Kepolisian cenderung meningkat kepercayaannya. sementara, pada KPK tampak penilaian negatif yang menguat," kata dia.

Sementara, terkait pemberantasan korupsi, Kejaksaan Agung dan Kepolisian cenderung meningkat kepercayaannya.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo menjadi terkait kandidat capres dengan elektabilitas tertinggi dengan raihan 36,8 persen.

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi, posisi kedua ada Prabowo Subianto 27,0 persen dan Anies Baswedan menmpel ketat dengan 26,8 persen.

Burhanuddin menyebut, meski Ganjar unggul, namun raihan tidak dominan. "Tidak ada satupun yang dominan, Ganjar meski tertinggi tapi tidak terlalu besar," kata Burhanuddin dalam rilis daring, Minggu.

Adapun survei dilakukan dalam dua periode. Survei dilakukan pada periode Februari dan Maret 2023. Pada periode pertama, dilakukan pada 9-16 Februari dengan 1.220 responden. Kedua, jajak pendapat berlangsung pada 12-18 Maret, menempatkan 800 responden.

Margin of error 2,9 dan tingkat kepercayaan 95 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.