Sukses

Polri: Video Viral Komandan Korps Brimob Klaim Jadi Kapolda Metro Hanya Hiburan

Arief meminta video tersebut tidak diperdebatkan lebih panjang. Apalagi belum ada keputusan resmi dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian soal mutasi jabatan Kapolda Metro Jaya maupun Wakapolri.

Liputan6.com, Jakarta - Polri menyikapi video viral pernyataan Komandan Korps Brimob Irjen Rudy Sufahriadi yang mengklaim dirinya dipilih sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Idham Azis.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Arief Sulistyanto mengatakan, video tersebut dibuat hanya untuk guyonan di internal kepolisian. Namun ternyata, video itu viral dan menjadi perbincangan publik seiring isu pergantian Wakapolri.

"Mungkin ini Pak Rudy sedang bercanda dengan anggotanya, pura-pura jadi Kapolda Metro Jaya, direkam video, ternyata viral," ucap Arief saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Karena itu, Arief meminta video tersebut tidak diperdebatkan lebih panjang. Apalagi belum ada keputusan resmi dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian soal mutasi jabatan Kapolda Metro Jaya maupun Wakapolri.

"Kan memang belum ada keputusan Kapolrinya, dan ini mungkin bercandaan saja. Ya kita anggap sebagai hiburan di kala istirahat," kata dia.

Hal yang sama juga disampaikan juru bicara Polri Brigjen Mohammad Iqbal. Menurut dia, video tersebut dibuat untuk internal anggota Brimob. Dia juga memastikan, pernyataan Rudy tidak ada kaitannya dengan pergantian Wakapolri yang akan berdampak pada mutasi jabatan strategis lainnya.

"Video itu internal, cuma sepotong-sepotong, video itu untuk internal Brimob untuk memacu bahwa Brimob karena beliau pembina fungsi untuk melakukan fungsi tugas optimal menjelang Asian Games," ucap Iqbal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral dan Menghilang

Sebelumnya, video berdurasi 46 menit beredar di media sosial. Dalam video itu, Rudy mengklaim telah dipilih sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan Idham Azis.

Video tersebut juga sempat diunggah di akun Instagram @polisi_kita pada Rabu, 14 Agustus 2018 siang. Namun tak berselang lama, video tersebut dihapus.

Video tersebut muncul seiring bergulirnya isu Idham Azis bakal mengisi posisi Wakapolri yang ditinggal Komjen Syafruddin setelah dilantik menjadi Menteri PANRB. Dengan begitu, kursi Kapolda Metro Jaya akan kosong.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.