Sukses

Jokowi-Ma'ruf Amin Vs Prabowo-Sandiaga

Detik-detik penentuan cawapres koalisi Jokowi penuh kejutan. Sedangkan kubu Prabowo alot hingga menjelang penghujung hari.

Liputan6.com, Jakarta - Teka-teki siapa bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Joko Widodo (Jokowi) maupun Prabowo Subianto akhirnya terjawab setelah diwarnai beberapa kejutan. Deklarasi koalisi Jokowi maupun kubu Prabowo berlangsung sehari menjelang tenggat pendaftaran pasangan capres-cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sembilan partai pendukung bakal calon presiden (capres) Jokowi menghadiri deklarasi kandidat RI 2 yang penuh kejutan. Deklarasi berlangsung di Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis malam, 9 Agustus 2018. Keduanya akan mendaftar ke KPU Jumat pagi, 10 Agustus.

Adapun di kubu Prabowo, muncul pula kejutan bakal cawapres yang dideklarasikan di kawasan Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, berselang beberapa jam dari koalisi Jokowi. Selanjutnya, Prabowo dan cawapresnya akan mendaftar ke KPU, usai salat Jumat.

Siapa saja nama-nama yang menimbulkan kejutan dalam bursa cawapres tersebut? Simak Infografis berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Koalisi Jokowi Berbelok Tajam

Jokowi akhirnya resmi menggandeng Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin sebagai cawapresnya di Pilpres 2019 mendatang.

"Saya memutuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari partai-partai koalisi, yaitu koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai cawapres periode 2019-2024 adalah Profesor Doktor Ma'ruf Amin," kata Jokowi.

Terpilihnya Ma'ruf Amin ini sempat mengejutkan banyak pihak. Sebab, sebelumnya, nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud Md yang mencuat sebagai calon kuat cawapres Jokowi.

 

3 dari 3 halaman

Sandiaga Uno Pamit di Balai Kota

Kepastian nama Sandiaga Uno didapat setelah Prabowo Subianto mengumumkan namanya pada malam deklarasi pasangan Prabowo-Sandiaga di kediamannya, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Namun, Demokrat akhirnya tak masuk koalisi pendukung Prabowo.

Beberapa jam sebelumnya, tanda-tanda Sandiaga maju sebagai cawapres Prabowo dalam Pilpres 2019, terlihat di Balai Kota, Jakarta Pusat. Sandiaga berpamitan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Momen pamitan itu terekam dalam video yang direkam staf Sandiaga yang bertuliskan keterangan "Sayonara". Video itu direkam Kamis 9 Agustus 2018 pukul 18.15 WIB. Anies memeluk Sandiaga Uno erat di ruangannya. Keduanya tersenyum dan saling menepuk pundak satu sama lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.