Sukses

4 Kandidat Cawapres Prabowo, Siapa Paling Kuat Lawan Jokowi?

Beberapa nama yang diyakini menjadi kandidat cawapres kuat untuk melawan Jokowi mulai bermunculan.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrat dan Partai Gerindra sepakat berkoalisi dalam Pilpres 2019. Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono pun sudah menyatakan dukungannya kepada Prabowo Subianto sebagai capres.

"Pada pertemuan pertama pembicaraan terbuka lebar. Pertemuan kedua makin lebar. Dengan izin Allah, kami datang dengan pengertian Pak Prabowo adalah calon presiden kita," ucap SBY.

Sedangkan untuk calon wakil presiden, SBY juga menyerahkan sepenuhnya kepada Prabowo Subianto. SBY hanya berpesan bahwa pasangan capres dan cawapres yang didukung Demokrat harus yang berorientasi pada kepentingan rakyat.

Beberapa nama yang diyakini menjadi kandidat cawapres kuat untuk melawan Jokowi mulai bermunculan. Berikut ini cawapres yang diprediksi maju mendampingi Prabowo Subiantomelawan Jokowi di Pilpres 2019:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Anies Baswedan

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengakui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan adalah kandidat kuat calon wakil presiden yang bakal digandeng di Pemilu 2019.

"Pak Anies salah satu calon, tokoh muda yang kami pandang kapabel. Jadi saya kira Beliau calon serius juga. Calon wakil yang serius," kata Prabowo di rumahnya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat, 6 Juli 2018.

3 dari 5 halaman

2. Salim Segaf

Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional telah merekomendasikan nama Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Assegaf Al Jufri untuk dipasangkan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Jika kedua tokoh ini berdampingan diyakini dapat melawan Jokowi dalam pilpres 2019.

"Letjen Prabowo Subianto didampingi dengan cawapres yang kita rekomendasikan, yaitu Salim Asegaf Al Jufri. Insyaallah ini dapat kita perjuangkan dan kita pertanggungjawabkan," kata Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF-U) Yusuf Muhammad Martak.

4 dari 5 halaman

3. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tengah melirik sosok calon wakil presiden dari kalangan muda. Ada beberapa nama yang masuk bidikan. Di antaranya Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Saya mengatakan kita pun melirik saudara AHY," kata Prabowo di rumahnya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

5 dari 5 halaman

4. Abdul Somad

Nama Abdul Somad jadi satu dari dua nama yang direkomendasikan forum ijtimak ulama GNPF dan tokoh nasional menjadi cawapres Prabowo. Satu nama lainnya, yakni Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengungkapkan Prabowo Subianto dan Ustaz Abdul Somad ingin bersilaturahmi. Rencananya, pertemuan Prabowo dan Abdul Somad dijadwalkan hari ini.

Prabowo, kata Fadli, ingin bersilaturahmi sekaligus mendengarkan pandangan dan gagasan Somad soal bangsa dan negara.

Reporter : Syifa Hanifah

Sumber" Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.