Sukses

Gubernur Anies Baswedan Larang Padagang Hewan Kurban Jualan di Trotoar

Anies Baswedan menyebut ada beberapa tempat tertentu yang tidak boleh digunakan untuk menyembelih hewan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menginstruksikan Wali Kota memastikan para pedagang hewan kurban Idul Adha tak berjualan di trotoar dan tempat lain yang mengganggu ketertiban. Ia tak ingin para pedagang musiman hewan kurban menggangu dan menghalangi jalur pejalan kaki.

"Saya instruksikan Walkot untuk rapikan. Memastikan mereka gunakan tempat yang tidak ganggu lalin pejalan kaki sehingga lapak temporer itu tak ganggu," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Rabu (25 Juli 2018) malam.

Mantan Mendikbud itu juga akan menempatkan petugas yang akan berjaga di trotoar dan jalan-jalan untuk memastikan area pejalan kaki bersih dari padagang hewan kurban.

"Nanti diatur Walkot (walikota)," kata dia.

Sedangkan terkait penyembelihan hewan, Anies tak melarang jika warga hendak memotong hewan kurban selain di RTH, misalnya di lingkungan sekolah. Namun, ia mengingatkan agar kebersihan tetap diperhatikan.

Meski demikian, Anies menyebut ada beberapa tempat tertentu yang tidak boleh digunakan untuk menyembelih hewan, hal ini terkait keamanan pelaksanaan Asian Games yang berlangsung pada Agustus mendatang.

"Ada tempat yang tidak boleh motong satu kilometer dari equistrian (tempat pacuan kuda) ya," kata Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.