Sukses

Top 3 News: Siapa Nama Lain di Kantong Jokowi untuk Jadi Cawapres?

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news, selain Muhaimin Iskandar, ketiga nama tokoh ini, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, dan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang Zainul Majdi (TGB) didapuk untuk mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam Pilpres 2019.

Setelah nama para figur ini kerap hangat diperbincangkan sebagai cawapres Jokowi, dalam lawatannya di Kampus ABN, Jalan Pancoran Timur II, Jakarta Selatan, Presiden menghadirkan ketiganya dalam acara kuliah umum Angkatan ke-2 Pendidikan ABN Partai Nasdem.

Apakah acara ini menjadi ajang pamer Jokowi untuk memperkenalkan cawapres untuk Pemilu mendatang? Atau akan muncul nama-nama baru di kantong lainnya sebagai calon wakil presidennya untuk lima tahu ke depan?

Sementara itu, dari keempat sosok tokoh bangsa ini, nama Mahfud MD kerap menuai kritikan.

Berbanding terbalik dengan penilaian sejumlah survei, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dipimpin Muhaimin Iskandar melontarkan sejumlah kritikan yang cukup pedas pada mantan Ketua MK ini. 

Dari Wakil Sekretaris Jenderal PKB Dita Indah Sari misalnya.  Dia mengatakan Mahfud MD tidak cocok mendampingi Jokowi, karena tidak mewakili umat Islam. Menurutnya, Mahfud MD akan sulit mendapatkan dukungan dari partai-partai koalisi pendukung Jokowi.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Selasa, 17 Juli 2018:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jokowi Pamer Cawapres, Pilih Siapa?

Mengenakan setelan jas biru tua dengan dasi warna merah, Presiden Jokowi yang didampingi tiga nama yang digadang-gadang akan menjadi cawapresnya di Pilpres 2019 menghadiri acara kuliah umum Angkatan ke-2 Pendidikan Akademi Bela Negara (ABN) NasDem, pada Senin pagi, 16 Juli 2018.

Ada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, dan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang Zainul Majdi (TGB).

Jokowi tak menampik, jika ketiganya masuk dalam pertimbangan untuk bersanding dengan dirinya.

Saat ditanya soal sosok Mahfud MD, Jokowi juga mengatakan namanya masuk. Bahkan, dia memuji sosok yang bagus.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. 4 Nama Bakal Cawapres yang Sudah Diungkap Jokowi

Awalnya 10 nama mengemuka dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) untuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi di jelang Pilpres 2019.

Kesepuluh figur tersebut berasal dari orang-orang terpilih dari partai pengusung yang akan kembali mengusung Jokowi untuk menjadi Presiden lima tahun ke depan.

Mereka terdiri dari beberapa unsur yang diambil dari politikus, tokoh ulama, purnawirawan, pengusaha, teknokrat, dan dari unsur akademisi.

Namun, dari kesepuluh figur tersebut Jokowi mengaku telah mengerucutkan menjadi lima nama. Empat di antaranya telah diungkap Jokowi akan menjadi pasangannya dalam Pilpres 2019.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. 4 Kritikan PKB untuk Mahfud MD yang Masuk Bursa Cawapres Jokowi

Nama Mahfud MD masuk dalam radar calon presiden Jokowi. Sejumlah lembaga survei juga menilai Mahfud MD tepat mendampingi Jokowi dalam laga 2019.

PKB, sebagai partai yang ingin ketua umumnya maju sebagai cawapres menolak keras duet tersebut. Partai itu ingin agar Jokowi memilih Muhaimin Iskandar sebagai calon wakilnya.

"Buktikan saja. Kalau enggak Join (Jokowi-Muhaimin), bahaya," kata Muhaimin saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 12 Juli 2018.

Tak hanya menolak, PKB juga melontarkan kritik terhadap Mahfud MD.

 

Selengkapnya...

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.