Sukses

PPP: Tak Masalah AHY Diusung Jadi Cawapres, Asal Jelas Dukung Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ahmad Baidowi menyatakan, partainya tak mempersoalkan Partai Demokrat yang mengusung Ketua Kogasma Agus Harimurti Yudhoyono menjadi calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo. Namun, Baidowi meminta Demokrat harus segera memutuskan mendukung Jokowi.
 
"Ada yang mengusulkan AHY jadi cawapres. Bagi saya enggak masalah asal mereka jelas saja mendukung Jokowi," kata Baidowi di Resto Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (14/7/2018)
 
Karena belum jelas mendukung Jokowi, Ahmad Baidowi merasa heran rumor yang mengaitkan AHY menjadi cawapres Jokowi. 
 
Dia juga menyinggung wacana Demokrat membentuk poros alternatif di Pemilu 2019 tidak direspons oleh partai politik, karena terhalang ambang batas pencalonan presiden yakni 20 persen dalam UU Pemilu. 
 
"Bangunan poros koalisi baru (yang ditawarkan Demokrat) ternyata tidak bersambut, karena parpol saat ini sudah melihat bahwa pencalonan harus memiliki 20 persen kursi," tegasnya. 
 
 
1 dari 2 halaman

Putusan MK

Pasal soal ambang batas pencalonan presiden 20 persen tengah digugat ke Mahkamah Konstitusi. Ahmad Baidowi memprediksi, jika MK mengabulkan gugatan itu, peta politik akan berubah. 
 
"Kalau MK mengabulkan, peta koalisi bisa berubah. Tapi kami yakin MK tetap seperti keputusan yang pernah diambil karena ketentuan ini sebenarnya bukan hal baru, namun 2014 juga sudah diberlakukan," ungkapnya. 
 
"Kalau memang dibatalkan oleh MK bisa berubah lagi peta konstelasi ini," sambung dia. 
 
Reporter: Renald Ghiffari
Sumber: Merdeka.com
 
Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:
Artikel Selanjutnya
Demokrat Tawarkan AHY Jadi Cawapres dengan Paket 3 in 1
Artikel Selanjutnya
Jokowi Tinjau Kesiapan Asian Games di Jakabaring Sport City