Sukses

Menguak Sosok Cawapres Jokowi, Ini 4 Faktanya

Jokowi menyatakan sudah mengantongi nama calon wakil presiden yang akan mendampinginya di Pemilu Presiden 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan sudah mengantongi nama calon wakil presiden yang akan mendampinginya di Pemilu Presiden 2019. Nama tersebut tinggal diumumkan.

Siapa sosok yang akan mendampingi Jokowi pun masih menjadi misteri. Walaupun sempat beredar sejumlah nama yang kerap digadang-gadang untuk berdampingan dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelang pendaftaran capres-cawapres pada 4-10 Agustus 2018.

Berikut ini, sosok cawapres yang akan mendampingi Jokowi di Pilpres 2019.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Bikin Gempar

Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate mengungkapkan, nama-nama calon wakil Presiden Jokowi dalam Pilpres 2019 akan membuat gempar Indonesia. Namun dengan senang hati orang itu diterima oleh semua partai koalisi.

"Pasti itu pendamping yang hebat, pasti diterima dengan senang hati oleh semua partai koalisi. Pasti membuat gempar Indonesia, karena itu tokoh yang cocok untuk Indonesia 2019-2024," kata Johnny di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta Pusat, Senin 9 Juli 2018.

Johnny juga menyatakan bahwa pendamping Jokowi di Pilpres merupakan tokoh menonjol di Indonesia. "Ini tokoh-tokoh prominen Indonesia. Karenanya harus menjaga reputasi mereka. Jangan di-downgrade harus dijaga," kata Johnny.

Namun Johnny belum ingin membeberkan siapa saja nama-nama calon yang dimaksud. Tetapi dia menegaskan, Presiden Jokowi telah mengantongi nama yang akan menjadi pendampingnya dalam Pilpres 2019 nanti.

Menurut dia, Jokowi akan mengungkapkan ke publik pada momentum politik yang tepat. Dia pun meminta semua pihak untuk sabar menunggu waktu tersebut tiba.

3 dari 5 halaman

2. Diumumkan Saat Cuaca Cerah

Pembahasan mengenai pencapresan Jokowi di Pilpres 2019 juga intens dilakukan oleh sang petahana dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Seperti dilakukan di Istana Batu Tulis, Bogor.

Terakhir, keduanya bertemu pada Minggu, 8 Juli 2018. Pertemuan itu berlangsung hampir dua jam. Megawati pun mengatakan, pendamping Jokowi itu akan segera diumumkan.

"Pengumuman dilakukan pada momentum tepat, dan dalam cuaca yang cerah, secerah ketika matahari terbit dari timur. Jadi tunggu saja dan sabar," ujar Megawati Soekarnoputri dalam siaran persnya, Senin 9 Juli 2018.

4 dari 5 halaman

3. Ada 10 Nama

Ketua Umum PPP Romahurmuziy menuturkan, Presiden Jokowi mengantongi 10 nama yang digadang menjadi cawapresnya. Menurut Romi, sapan karibnya, nama-nama itu telah disampaikan kepada ketua umum partai pendukung.

Hanya saja, ia enggan membocorkan nama-nama calon pendamping Jokowi. Dia hanya memberikan kisi-kisi figur tokoh yang sudah di kantong Jokowi.

"Saya hanya bisa katakan dari 10 nama ada figur politikus, ada figur cendikiawan, purnawirawan TNI Polri, dan kalangan teknokrat serta profesional," kata Romi di kantor DPP PPP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (9/7/2018).

Dia mengatakan, perihal figur cawapres Jokowi tinggal dibahas bersama dengan semua pemimpin partai koalisi. Belakangan, kata dia, Jokowi meminta pendapat masing-masing ketua umum terkait 10 nama yang sudah ada.

"Saat ini kami masih terus mencermati nama-nama tersebut, meminta masukan dari para ulama, meminta pandangan dari dewan pimpinan wilayah untuk respons 10 nama itu," kata dia.

Dia menyebut tinggal menyamakan waktu para ketua umum bertemu. Selain untuk mengerucutkan satu nama cawapres, mereka bakal membahas kemungkinan bertambahnya partai yang ikut koalisi.

"Kita juga masih mengupayakan untuk saling ketemu antara pimpinan parpol dengan Pak Jokowi untuk duduk bersama untuk memastikan dua hal, formasi partai apakah yang lima ini atau bertambah dan kedua siapa yang akan mendampingi Pak Jokowi," kata dia.

5 dari 5 halaman

4. Tunggu Koalisi Gerindra

Ketua Umum PPP Romahurmuziy, mengatakan pengumuman terkait cawapres pendamping Jokowi akan dilaksanakan mendekati waktu akhir pendaftaran. Mereka menunggu pihak lawan yang dimotori Gerindra, untuk mengumumkan pasangan calon dan formasi koalisinya.

"Keputusan apa pun yang nanti kita sepakati itu nanti diumumkan last minute sebagai sebuah bagian respons kita menunggu sebelah siapa yang dicalonkan dan formasi koalisi seperti apa," kata Romahurmuziy di kantor DPP PPP, Senin 9 Juli 2018.

Pria yang kerap disapa Romi ini mengatakan, untuk koalisi pendukung sendiri sudah diinformasikan terkait 10 nama yang dikantongi Jokowi. Mantan gubernur Jakarta itu telah meminta pendapat terkait nama itu kepada ketua umum partai. Keputusan final bakal diambil dalam pertemuan dengan para ketua umum partai koalisi.

"Tentu sebagai pertemuan untuk memastikan dua hal pertama formasi final koalisi partai apakah lima ini atau maish akan bertambah lagi dan yang kedua siapa yang akan mendampingi pak Jokowi itu tentu tidak cukup hanya satu kali pertemuan, mungkin akan terjadi dalam beberapa kali pertemuan," kata dia.

Dia menjelaskan kalaupun keputusan sudah muncul, tidak akan dibeberkan sampai waktu pendaftaran Agustus mendatang. Adapun alasannya, menurut Romy menunggu sikap koalisi lawan.

"Sekarang dari pihak sebelah masih terlihat kebingungan untuk menentukan formasi final koalisinya. Karena dari partai yang ada kita tahu persis Gerindra menghendaki Prabowo-Anies sementara PKS yang jadi sekutu tertulisnya Gerindra, menghendaki Anies-Aher sehingga ini kan tidak ketemu," jelas Romi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini