Sukses

Calon Haji Dapat Kemudahan Stempel Paspor di Bandara Soekarno-Hatta

Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan yang akan mempermudah calon haji mengurus administrasi.

Liputan6.com, Jakarta - Pengecekan paspor calon jemaah haji asal Indonesia tak akan lagi dilakukan di Arab Saudi, melainkan dapat dilakukan di bandara keberangkatan. Nantinya petugas imigrasi asal Arab Saudi yang bakal melakukan pengecekan tersebut di Bandara Soekarno-Hatta.

"Ada kebijakan simpatik dari Arab Saudi bahwa penumpang jemaah haji, paspornya distempel di bandara Indonesia. Sebelumnya di Arab Saudi," kata Direktur Operasi dan Teknik Angkasa Pura II, Djoko Murjatmodjo, saat ditemui di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Minggu (1/7/2018).

Dengan adanya kemudahan kebijakan dari pemerintah Arab Saudi itu, lanjutnya, paspor jemaah haji yang sudah mendapat stempel di bandara Indonesia, tak perlu ada lagi melewati pengecekan di Arab Saudi.

"Nanti ketika turun di Arab Saudi, jemaah haji kita ada jalur khusus langsung naik bus. Ini itikad baik dari Pemerintah Arab Saudi," ucapnya.

Angkasa Pura II akan memfungsikan Terminal 2E Bandara Soekarno-Hatta sebagai tempat pengecekan paspor oleh petugas imigrasi Arab Saudi. Lokasi itu sekaligus menjadi terminal keberangkatan khusus untuk jemaah haji.

Saat ini Terminal 2E sudah tak digunakan, setelah maskapai Garuda Indonesia dan maskapai lain dengan rute internasional pindah ke Terminal 3.

"Garuda Indonesia sudah ke Terminal 3. Yang internasional bertahap kan dipindah kesana. Karena Terminal 2E belum dipakai, kita memanfaatkan gedung itu," ucap Djoko.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.