Sukses

Tahun Ini, Masjid Istiqlal Bagi Zakat Fitrah Pakai Kupon

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Istiqlal menggelar pembagian zakat fitrah pada hari ini. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang mana pembagian zakat diberikan tanpa kupon, tahun ini, zakat fitrah dibagikan dengan kupon yang telah disebar oleh petugas di Masjid Istiqlal. 

"Udah sering sih (pembagian zakat fitrah). Cuma dulu gak pakai kupon, mereka datang, duduk, sambil nunggu kotak buka puasa, dikasih beras jadi tidak terlalu lama ngantre. Kalau ini kan dicoba sistem baru pakai kupon," ujar Kepala Bagian Protokoler dan Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (14/6/2018). 

Menurut Hurairah, metode ini coba dilakukan untuk dapat mendata nama-nama mereka yang membutuhkan. Zakat fitrah sendiri berupa beras 5 kg yang diperuntukkan per satu jiwa.

Namun dia mengaku tidak mengetahui pasti berapa jumlah kupon yang diberikan. 

Pembagian zakat fitrah yang baru dicoba dengan kupon ini sempat menimbulkan kepadatan dan desak-desakan antar penerimanya yang mengantre. Namun hal itu tidak berlangsung lama, karena petugas meminta mereka untuk tertib dan meyakinkan jika mereka akan kebagian zakat fitrah semua.

 

1 dari 2 halaman

Kupon Dibagikan Sebelum Berbuka

Asiah (32), salah satu penerima zakat fitrah menceritakan, tahun ini merupakan tahun keduanya menerima zakat fitrah dari Masjid Istiqlal.

Warga Karet Tengsin itu mengatakan, tahun ini memang pertama kalinya pembagian dilakukan dengan kupon. Ia yang mengaku sempat desak-desakan untuk mendapatkannya, mengatakan, kupon tersebut dibagikan sebelum berbuka puasa.

"Tadi pas kita lagi di atas sore ini, lagi bagi takjil udah dikasih," katanya. Asiah pun pulang ke rumahnya setelah mendapatkan zakat fitrah tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Jelang Salat Idul Fitri 1439 H, Masjid Istiqlal Disterilisasi
Artikel Selanjutnya
Malam Takbiran, Jalanan Depan Masjid Istiqlal Padat