Sukses

Canda Pangdam Jaya soal Tips Jadi Komandan, Cukup Hafal 3 Suku Kata

Liputan6.com, Jakarta - Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto mengungkapkan cara untuk menjadi komandan. Dengan nada bergurau, Pangdam mengungkapkan bahwa itu sangat mudah lantaran hanya menghafal tiga suku kata.

"Jadi komandan gampang cuma ada opo (apa), piye (gimana), yo wis (ya sudah)," ujar Pangdam Jayasaat menjadi pembicara di Universitas Tarumanegara, Jakarta, Kamis (24/5/2018).

Joni mencontohkan dengan dialog singkat tersebut. Saat itu seorang komandan sedang berada di ruangan, tiba-tiba saja ada seseorang ingin melaporkan terkait undangan pembicara di salah satu universitas.

"Izin komandan," ucap anak buah tersebut.

"Opo," jawab Komandannya.

"Izin komandan saya mau mengadakan seminar pancasila di Universitas Tarumanegara. Ada kodim juga," ucap anak buah tersebut.

Komandan menjawab dengan singkat, "Terus piye," jawab Pangdam Jaya.

Anak buah tadi lalu memberikan penjelesaan. "Kalau bapak Panglima ada waktu dan sempat, mohon izin Bapak Panglima menjadi pembicara utama," jelas anak buah tersebut.

 

2 dari 2 halaman

Buat Materi

Selanjutnya, komandannya mengatakan bersedia menjadi pembicara. "Yo wis," ujar dia diwarnai tawa peserta seminar.

"Betulkan?" tanya dia kepada peserta sidang.

Tak berhenti, Pangdam menyuruh anak buahnya membuat materi semenarik mungkin untuk jadi bahan seminar nanti. "Jadi saya hanya membacakan materi dia saja," ungkap dia disambut tawa kembali peserta seminar.

Universitas Tarumanegara bekerja sama dengan Komando Resort 052/Wijayakrama Kodam Jaya mengadakan kegiatan seminar dan talkshow dengan tema "Implementasi Nilai-nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial di Zaman Now".

Salah satu pembicaranya adalah Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: