Sukses

Menko PMK Kucurkan Macam Bantuan untuk Masyarakat Sukoharjo

Menko PMK Puan Maharani mengucurkan ragam bantuan. Seperti PKH, KPM, dan juga bibit tanaman.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani membagikan berbagai bantuan kepada masyarakat Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis 24 Mei 2018.

"Kalau dilihat alhamdulillah sudah banyak sekali yang diterima dan semuanya insya Allah sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan,” ujar Puan di lokasi.

Bantuan yang diberikan tersebut adalah 300 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH), 300 KPM Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), 300 KPM Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan 200 orang menerima Surat Keputusan Tunjangan Profesi Guru (SK TPG).

Puan menjabarkan, penerima bantuan KPM PKH mendapatkan uang Rp 500 ribu sebanyak 3 kali dan Rp 380 ribu 1 kali, semuanya dalam jangka waktu 1 tahun.

“Anak SD mendapatkan uang Rp 450 ribu, anak SMP mendapatkan Rp 750 ribu, SMA/SMA mendapatkan Rp 1 juta. Ini KIP uangnya ini bisa diambil di bank dan ada buku tabungan,” kata Puan Maharani.

Uang tersebut, lanjut Puan, bisa diambil saat atau menjelang kenaikan kelas dan bisa dipergunakan untuk membeli berbagai keperluan sekolah.

“Kemudian penerima KPM BPNT menerima uang Rp 110rb yang dipakai untuk membelikan beras dan telur. Sedangkan SK TPG baru terima SKnya, itu uangnya juga akan segera keluar, pasti keluar uangnya,” jelas Puan.

Puan Maharani mengatakan, bantuan yang diberikan sudah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing daerah. Ia berharap, bantuan bisa bermanfaat dan dijaga oleh masyarakat sehingga bisa dipergunakan jangka panjang.

Selain itu, dalam bantuan itu juga diberikan 500 bibit rambutan dan 500 bibit mangga. Sehingga, ia mengingatkan setelah bibit ditanam berbuah, dapat dikonsumsi sendiri dan keluarga, atau bisa dijual sehingga memberikan lebih banyak manfaatnya.

"Saya berharap, sekarang ditanam, kalau nanti saya datang lagi ke sini, saya mau lihat sudah ada buahnya," ucapnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan Keperluan Sekolah

Dalam kesempatan ini, Puan juga membagikan bantuan peralatan pertanian seperti 5 unit pompa air untuk pertanian tanaman pangan, 1 unit traktor 4 roda, dan 10 unit rice transplanter 2 roda atau mesin tanam padi.

Tak hanya itu, Puan juga memberikan bantuan 1 unit mobil pikap serbaguna operasional kebencanaan, 50 buah alat bantu dengar bagi disabilitas, 50 buah kruk ketiak, dan 75 buah kursi roda.

Lalu 50 buah canadian, 50 buah tongkat putih untuk tunanetra, 10 buah BUMDes masing-masing senilai Rp 50 juta, 3 paket atau 3 sekolah sanitasi sekolah, rehab kelas untuk 1 SD dan 1 SMP.

Kemudian TIK untuk di kelas yaitu laptop, LCD, screen atau layar, printer, dan sound system untuk 9 SD, 9 ruang kelas baru (RKB), 21 unit komputer.

Hadir mendampingi Puan yaitu Ketua DPRD Sukoharjo Nurjayanto, Anggota DPR Bambang Wuryanto, Anggota DPR Agustina Wilujeng Pramestuti, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Bupati Klaten Sri Mulyani, dan Bupati Wonogiri Joko Sutopo.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.