Sukses

Pemerintah dan DPR Kompak Siapkan Layanan Terbaik untuk Calon Haji

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dan DPR sepakat bekerja sama untuk menyiapkan layanan terbaik bagi calon haji Indonesia. Hal tersebut tercapai pada kunjungan kerja hari kedua Menteri Koodinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani di Arab Saudi.

Pada kesempatan itu, Menko Puan menggelar pertemuan persiapan penyelenggaraan haji tahun 2018 dengan Menteri Agama Lukman Saifuddin, Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek, dan Komisi VIII DPR RI di Kota Madinah. 

"DPR sangat mengapresiasi peran koordinasi yang dilaksanakan Menko PMK untuk memastikan pelayanan kepada calon haji Indonesia berjalan baik. Baru kali ini dalam sejarah dilaksanakan pertemuan koordinasi lengkap melibatkan unsur pemerintah dan DPR. Ini hal monumental," urai Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Marwan Dasapong, di Jakarta, dalam siaran persnya kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (23/4/2018).

Namun, ada sejumlah hal yang menjadi sorotan DPR. Para wakil rakyat itu meminta agar catatan tersebut terus dipantau dan diperbaiki.

Pertama soal pelayanan kesehatan. Kedua, pemondokan yang diharapkan secara berkelanjutan tetap berada di sekitar Markaziah. Ketiga soal pemanfaatan GPS untuk meminimalkan jemaah haji yang tersesat. Keempat tentang fasilitas AC di tenda saat wukuf di Arafah mengingat musim haji 2018 ini cuaca diperkirakan sangat panas, dan terakhir soal pengaturan calon haji Indonesia agar tidak melebihi kapasitas saat di Mina.

Terkait penggunaan pendingin di Arafah, Menteri Agama menjelaskan, penyelenggara terkendala keterbatasan suplai listrik dan akan disiasati penggunaan kipas angin berspringkel. Namun, Menteri Agama mengapresiasi Komisi VII DPR yang telah memberikan persetujuan lebih awal sehingga Kementerian Agama memiliki waktu cukup untuk mengatur persiapan penyelenggaraan ibadah haji.

Sementara, Menteri Kesehatan menyampaikan, pihaknya siap bersinergi dengan Kementerian Agama terkait peningkatan layanan kesehatan dan mewaspadai cuaca panas yang dapat mengakibatkan heat stroke pada jemaah haji.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membaik

Ini merupakan kedua kalinya Menko Puan mengadakan Rakor bersama Menteri Agama dan Menteri Kesehatan di Arab Saudi. Pada kesempatan itu, Menko Puan mengatakan indeks kepuasan pelayanan haji sangat positif.

Menko PMK mengapresiasi berbagai masukan DPR agar pelaksanaan haji dari tahun ke tahun semakin baik. Dia pun mengajak agar seluruh pihak berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, khususnya para calon jemaah haji Indonesia.

"Mari kita bergotong royong memberikan pelayanan terbaik kepada para calon jemaah haji. Tunjukkan bahwa pemerintah hadir untuk melayani, sekaligus kita tingkatkan capaian indeks kepuasan jemaah haji yang selama tiga tahun terakhir terus meningkat,” tutup Menko Puan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.