Sukses

Ada Kartini Run 2018, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Monas

Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) memperingati Hari Kartini dengan menggelar lomba lari 'Kartini Run 2018'.

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) memperingati Hari Kartini dengan menggelar lomba lari 'Kartini Run 2018'. Lomba yang akan diikuti ribuan peserta itu dilaksanakan di kawasan Monumen Nasional (Monas), Minggu (22/4/2018) pagi.

Dalam lomba lari tersebut ada beberapa kategori, yakni 2,5 kilometer, 5 kilometer, dan 10 kilometer. Untuk mengantisipasi adanya kepadatan lalu lintas di sekitar lokasi kegiatan, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya telah menyiapkan rute pengalihan arus lalu lintas untuk kendaraan bermotor.

"Di sekitar lokasi dan sepanjang rute yang dilalui (peserta lomba) telah disiapkan penjagaan, pengaturan, pengawalan dan patroli, demi menunjang terselenggaranya kegiatan Kartini Run 2018, sehingga terciptanya kamseltibcar lantas yang aman dan lancar," ujar Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto dalam keterangan tertulisnya.

Sebanyak 300 polisi lalu lintas (polantas) dikerahkan untuk mengatur situasi lalu lintas di sekitar acara tersebut.

"Sepanjang rute yang dilalui (peserta lomba) telah disiapkan penjagaan, pengaturan, pengawalan dan patroli, demi menunjang terselenggaranya kegiatan Kartini Run 2018, sehingga terciptanya kamseltibcar lantas yang aman dan lancar, 300 personel itu, terdiri dari 240 personel dari Mako Ditlantas, dibantu 30 personel dari Satlantas Jakarta Barat dan 30 personel dari Satlantas Jakarta Pusat," jelas Budiyanto.

Menurutnya, untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di ruas-ruas jalan sekitar kegiatan lomba, maka Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan pengalihan arus lalu lintas.

Berikut rute pengalihan arus lalu lintas saat pelaksanaan Kartini Run 2018:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rute

1. Arus lalu lintas yang dari Jalan M Ridwan Rais yang akan menuju Jalan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Merdeka Timur.

2. Arus lalu lintas yang dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Kebon Sirih.

3. Arus lalu lintas yang dari Jalan Abdul Muis yang akan menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Majapahit atau Jalan Fachrudin.

4. Arus lalu lintas yang dari Jalan Abdul Muis yang menuju ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit atau Jalan Fachrudin.

5. Arus lalu lintas yang dari Jalan Merdeka Timur ke Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira.

6. Arus lalu lintas uang dari Jalan Tabang dialihkan ke Jalan Kesehatan.

7. Arus lalu lintas yang dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tabang I.

8. Yang dari Jalan Veteran III menuju Jalan Majapahit dialihkan ke Jalan Veteran I.

9. Arus lalu lintas yang dari Jalan Veteran menuju Jalan IR.H Juanda dialihkan ke Jalan Veteran III atau diputarbalikkan.

10. Arus lalu lintas yang dari Tomang menuju Jalan IR.H. Juanda dialihkan ke Jalan AM Sangaji.

11. Arus lalu lintas yang dari Jalan KH Hasyim Ashari yang menuju ke Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan AM Sangaji.

12. Arus lalu lintas yang dari Jalan Batu Ceper menuju Jalan Hayam Wuruk diputarbalikkan.

13. Arus lalu lintas yang dari Jalan Sukarjo Wiryopranoto yang menuju Jalan Hayam Wuruk diputarbalikkan.

14. Arus lalu lintas yang dari Jalan Kyai H Zainul Arifin menuju Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan AM Sangaji .

15. Arus laluintas yang dari arah Jalan Mangga Besar yang menuju Jalan Hayam WuruK diputarbalikkan.

Untuk lomba lari 2,5 kilometer, rutenya, start dari Silang Monas Barat Daya – ke kiri Jalan Medan Merdeka Selatan – putar arah Balai Kota – Jalan Medan Merdeka Selatan – putar arah Bundarab Patung Kuda – finish Silang Monas Barat Daya.

Untuk rute 5 kilometer, start Silang Monas Barat Daya – ke kiri Jl Medan Merdeka Selatan – putar arah doorbrak Balai Kota – Jl Medan Merdeka Selatan – Bundaran Patung Kuda Kanan – Jl Medan Merdeka Barat – Jl Majapahit – Putar Arah Di Tl Harmoni – Jl Majapahit – Jl Medan Merdeka Barat – finish Silang Monas Barat Daya.

Rute lomba lari 10 kilometer, start Silang Monas Barat Daya – ke kiri Jl Medan Merdeka Selatan – putar arah Doorbrak Balai Kota – Jl Medan Merdeka Selatan – Bundaran Patung Kuda Kanan – Jl Medan Merdeka Barat – Jl Majapahit – Tl Harmoni – Tl Ketapang – Tl Olimo – Putar Balik Ltc Glodok – Jl Hayam Wuruk – Tl Harmoni – Jl Majapahit – Jl Medan Merdeka Barat – finish Silang Monas Barat Daya.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.