Sukses

Petugas Gagalkan Penyelundupan Ratusan Kura-Kura Asal Hongkong

Sementara itu, menurut Kepala Balai Besar Karantina Pertanian dan Hewan Bandara Soetta, apa yang dilakukan pelaku merupakan suatu pelanggaran.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi penyelundupan 471 ekor kura-kura dan 24 ekor salamander oleh seorang penumpang pesawat Cathay Pacific tujuan Hongkong - Jakarta terungkap, pengungkapan ini karena kecurigaan petugas melihat isi koper saat pemeriksaan x-ray di terminal Bandara Soekarno Hatta.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (20/4/2018), setelah diperiksa, ternyata terdapat kura-kura dan salamender yang disembunyikan di dalam 16 kardus yang disimpan di dalam koper besar. Dari pemeriksaan sementara, sebagian hewan yang diselundupkan mati kehabisan nafas.

"Dari hasil x-ray kami sudah curiga dengan pelaku. Barang ini berasal dari Hongkong, dan setelah kita geledah ternyata yang ada di dalam koper ini adalah kura-kura dan salamander," ujar Kabid Penindakan Bea Cukai Hengky Aritonang.

Sementara itu, menurut Kepala Balai Besar Karantina Pertanian dan Hewan Bandara Soetta, apa yang dilakukan pelaku merupakan suatu pelanggaran.

"Karena tidak dilengkapi dengan sertifikat yang jelas ini adalah pelanggaran. Dan ini juga tidak ada surat-surat yang mendukung pengiriman ini, sangat jelas ini pelanggaran," ujar Kepala Balai Besar Karantina Pertanian dan Hewan Bandara Soetta Imam Djajadi.

Hingga kini, pelaku penyelundupan masih diperiksa secara intensif oleh pihak Penyidik Pegawai Negeri Sipil atau PPNS Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Â