Sukses

Blusukan ke Kabupaten Asmat, Jokowi Tunggangi Sepeda Motor Listrik

Jokowi tak canggung mengendarai motor listrik. Bahkan, ia turut membonceng Ibu Negara Iriana Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Kabupaten Asmat, Papua. Dalam kunjungannya kali ini, Jokowi mengendarai sepeda motor listrik.

Pantauan di lokasi, Kamis (12/4/2018), Jokowi mengawali blusukannya dari Pelabuhan Agats, Asmat, Papua. Itu dilakukan setelah dia terbang dari Tembagapura dengan menggunakan Helikopter Kepresidenan.

Jokowi tak canggung mengendarai sepeda motor listrik. Bahkan, ia turut membonceng Ibu Negara Iriana Jokowi di atas sepeda motor berwarna merah dan putih itu. Motor dilengkapi dengan pelat nomor RI 1.

Memang, seluruh penduduk Kabupaten Asmat ini menggunakan sepeda motor listrik sebagai transportasi utama di dalam pulau. Warga sekitar menyebutnya sepeda listrik, tapi bentuk dan ukurannya mirip dengan sepeda motor.

Usai dari Pelabuhan Agats, Jokowi melanjutkan perjalanannya ke Gedung Serbaguna Widya Mandala. Di tempat itu, Jokowi dan rombongan bertemu dan berbincang dengan ibu-ibu dan anak-anak suku Asmat.

Dalam kesempatan ini, Jokowi menanyakan tentang perkembangan gizi bagi ibu-ibu hamil dan anak. Sebab, beberapa waktu lalu Kabupaten Asmat sempat dilanda Kejadian Luar Biasa (KLB) gizi buruk dan campak.

"Kita perlu gizi, kesehatan bagi ibu-ibu atau mama-mama dan anak-anak kita di sini. Itu tadi yang saya kira-kira saya sampaikan. Dan Pak Bupati melakukan secara rutin, misalnya di kota ada 320 ibu-ibu dan anak yang setiap hari diberikan telur, kacang hijau, buah, ikan, dan lain-lain, supaya gizi anak terjaga," terang Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pantau Penampungan Air

Usai bertemu ibu-ibu di Kabupaten Asmat, Jokowi melanjutkan perjalanan ke proyek penampungan air hujan. Di tempat ini, Jokowi dan rombongan memantau proyek tersebut. Blusukan Jokowi kemudian berlanjut memantau proyek pembangunan rumah untuk rakyat.

"Total pembangunan rumah ada 1.000. Saat ini tinggal 150 rumah lagi. Memang kesulitannya memindahkan dari distrik ke tempat-tempat baru seperti ini," ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, sejumlah fasilitas sudah tersedia di rumah tersebut, misalnya listrik dan air.

"Jadi, tinggal jembatan penghubungnya yang kita bangun. Agar mereka tidak usah naik speedboat lagi. Rencana Agustus 2018 selesai," kata mantan Wali Kota Solo itu.

Usai blusukan ke sejumlah tempat di Asmat, Jokowi kemudian bertolak Pelabuhan Agats. Di sela-sela perjalanannya mantan Gubernur DKI Jakarta itu membagikan buku ke anak-anak suku Asmat.

Tak hanya itu, Jokowi juga membagi-bagikan kaus bergambar kartun untuk anak-anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.