Sukses

Kominfo: Facebook Akan Diblokir Jika Bahayakan Pilkada dan Pilpres

Meski demikian, Kominfo terus mempelajari dan tak ingin asal blokir. Kominfo juga mencari opsi selain menutup Facebook.

Liputan6.com, Jakarta Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Hukum Henri Subiakto menyebut, Facebook bisa diblokir bila membahayakan pilkada, pilpres maupun Pemilu. Hal ini tak terlepas dari kasus bobolnya data pengguna Facebook di Indonesia.

"Kalau memang ini membahayakan, katakanlah membahayakan pilkada atau pilpres atau Legislatif 2019 atau Pilkada 2018  kita blokir," ujar Henri di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (7/4/2018).

Meski demikian, pihaknya terus mempelajari dan tak ingin asal blokir. Kominfo juga mencari opsi selain menutup Facebook. Sebab jutaan masyarakat banyak yang memanfaatkan Facebook termasuk para pelaku bisnis berbasis digital.

"Jadi kita tidak bisa serta merta, kita kaji hati hati. Tapi yang penting adalah literasi masyarakat jangan mudah semua terkoneksi dengan digital, semua itu menjadi data," tutur Henri.

Dia juga mengimbau di tahun politik masyarakat tak mencari informasi lewat Facebook. Melainkan dari sumber media massa berita yakni televisi, koran maupun daring.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.