Sukses

[Cek Fakta] Mentega Bisa Optimalkan Suspensi Mesin

Bahan makanan seperti mentega, susu, dan cokelat digunakan untuk meningkatkan suspensi mesin.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam cara dilakukan para pakar otomotif demi mengoptimalkan kemampuan atau suspensi mesin. Bahkan, dengan menggunakan bahan-bahan makanan.

Baru-baru ini Hyundai Motor UK membocorkan rahasia dari pengembangan pengendalian hot hatchi30N. Dalam sebuah video pengujian, terlihat sebuah tikungan bernama 'Cacao Corner' yang 'dipanggang' oleh insinyur Hyundai. Tikungan tersebut digunakan untuk menangkap jejak roda mobil, lalu jejak roda tersebut dianalisis.

'Cacao Corner' merupakan bahan viskovitas tinggi yang dibuat menggunakan tiga bahan utama yaitu biji cokelat, mentega, dan susu. Uniknya, bagian dari 'Cacao Corner' dapat dipisahkan dari jalanan dan dibekukan untuk menjadi bahan referensi untuk dibandingkan dengan data pengujian lainnya.

Cara Mell, Hyundai’s Chief Materials Engineer, mengatakan," Di Hyundai kami membuat segala sesuatu untuk menciptakan mobil kami. Termasuk bahan bakar, robot, bahkan perahu untuk mengantarnya. Jadi sudah sewajarnya kami membuat permukaan sirkuit sendiri, menggunakan mentega, susu, dan biji cokelat untuk 'Cacao Corner'.

Hasil dari jejak roda tersebut digunakan untuk membaca karakter suspensi yang dipadukan dengan data on-board telemetry. Hasilnya adalah pengaturan suspensi yang digunakan pada hot hatch Hyundai i30N yang sudah mulai dijual.

Fakta:

Bahan makanan yakni mentega, susu, dan cokelat dioleskan ke lintasan untuk menangkap jejak roda mobil. Jejak tersebut akan dianalisis oleh para ahli.

Kesimpulan: TIDAK SEPENUHNYA BENAR

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.