Sukses

Daerah Ini Berpotensi Diterjang Cuaca Ekstrem Hari Ini, Termasuk Jakarta?

BMKG memprediksi sejumlah daerah hari ini akan diterjang cuaca ekstrem. Bagaimana dengan Jakarta?

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah daerah akan diterjang cuaca ekstrem hari ini. Cuaca ekstrem itu berupa hujan lebat maupun angin kencang.

Menurut Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG Hary Tirto Djatmiko, potensi cuaca ektrem berupa hujan lebat itu akan terjadi di wilayah Sumatera Barat, Bengkulu, Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, dan Sumatera Selatan,

"Selain itu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, Papua," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (12/3/2018).

Sedangkan potensi thunderstorm akan terjadi di wilayah Aceh, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Lampung, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur.

Daerah lainnya yang berpotensi diterjang cuaca ekstrem adalah adalah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua

"Potensi angin kencang di wilayah Aceh, Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Maluku, Papua," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelombang Tinggi

Untuk cuaca ekstrem berupa gelombang tinggi, ucap dia, terbagi dalam dua kategori. Yaitu Rough Sea dengan tinggi gelombang 2,5 hingga 4 meter akan tejadi di wilayah perairan Utara Kepulauan Anambas – Natuna, dan Utara Kepulauan Talaud.

"Very Rough Sea dengan tinggi gelombang 4- 6 meter di wilayah perairan Laut Cina Selatan," ujar Hary.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • hujan lebat