Sukses

Tjahjo Kumolo Pimpin Rombongan Eselon I ke KPK

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan pihaknya bersama sejumlah pejabat eselon I Kemendagri sore ini akan menyampangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Dalam pertemuan itu, Tjahjo mengaku dirinya dan pimpinan KPK akan memberi arah kepada para pejabat eselon I yang ditugaskan sebagai Penjabat gubernur di provinsi yang menggelar Pilkada.

"Setidaknya antisipasi kalau eselon I kami, nanti akan bertugas sebagai pejabat gubernur, yang mana harus selalu mengingatkan berpegang pada area rawan korupsi," ujar Tjahjo Kumolo di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2018).

Menurut Tjahjo, para pejabat eselon I tersebut kata dia, harus mengawasi petahana agar tidak menggunakan anggaran daerah untuk kepentingan kampanye.

Tjahjo mengatakan, area yang perlu dicermati juga yakni mengenai perencanaan anggaran, dana hibah dan bantuan sosial (bansos), masalah retribusi pajak hingga berkaitan mengenai jual beli jabatan.

"Itu yang kami ingatkan, seperti di Papua, tim KPK sudah memonitor semua di Kota Jayapura. Yakin KPK dengan fungsi pembinaan dan pencegahanya sudah ada di seluruh Indonesia," ujar Tjahjo Kumolo.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Jaminan

Politikus PDI Perjuangan ini menambahkan bila setiap daerah terbuka dengan e-planning dan KPK juga sudah mengindikasi semua daerah, itu akan terwujud sesuatu yang transparan dan terbuka.

"Kalau menjamin enggak bisa kami, setidaknya ada upaya meminimalisir. Karena kontrol juga di masyarakat, kuncinya intelnya KPK iya masyarakat," jelas Tjahjo Kumolo.

Loading
Artikel Selanjutnya
Sidang E-KTP, Elza Ungkap Kedekatan Nazaruddin dan Anas Urbaningrum
Artikel Selanjutnya
KPK Periksa Eks Ketua DPRD Malang soal Kasus Jembatan Kedungkandang