Sukses

Akan Kunjungi Afghanistan, Apa Persiapan Khusus JK?

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK berencana mengunjungi Afghanistan, akhir Februari nanti. Lantas, apa persiapan JK dalam mengunjungi negara konflik tersebut?

"Biasa-biasa saja (persiapannya)," ucap JK di kantornya, Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Dia menuturkan, di sana akan bertemu tokoh-tokoh Afghanistan. Di mana, salah satunya membicarakan bantuan Indonesia untuk menyelesaikan konflik di negara tersebut.

JK mengingatkan, meski memberikan bantuan, sikap Indonesia tetap netral, tanpa kepentingan lain. Dan berusaha mencari solusinya.

"Ketemu semua tokoh-tokoh di sana untuk bagaimana caranya Indonesia membantu sebagai negara Islam terbesar dan netral, tanpa suatu kepentingan lain. Kita bagaimana sharing untuk mencari solusi bersama," tukas JK.

Dia pun menuturkan, jika membicarakan konflik dan merasa takut untuk ke negaranya, maka penyelesaian tak akan berhasil.

"Kalau Anda membicarakan menyelesaikan konflik didahului dengan ketakutan, jangan masuk. Dulu saya pernah selesaikan penuh orang bunuh-bunuhan di Poso, Ambon, Aceh, kita masuk saja. Ada berdoa dan biasanya kalau niat baik, insyaallah," pungkas JK.

1 dari 2 halaman

Jokowi Kunjungi Afghanistan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi tetap mengunjungi Afghanistan meski Ibu Kota negara itu, Kabul, baru saja mendapat teror dari seorang militan pada Sabtu, 27 Januari 2018.

Menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, banyak yang menyarankan agar Jokowi menunda kunjungannya ke Afghanistan pasca-teror bom. Namun, saran itu ditolak Jokowi.

"Tetap akan ke Afganistan, walau banyak yang menyarankan untuk menunda kunjungannya karena adanya ledakan bom di Kabul. Presiden enggak ada takutnya," tulis Pramono Anung di akun Twitternya, Sabtu, 27 Januari 2018.

Kunjungan Jokowi ke Afghanistan ini setelah dirinya mendatangi Cox's Bazar, tempat pengungsi Rohingnya tinggal.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Artikel Selanjutnya
PDIP Siap Berhadapan dengan Prabowo-Gatot di Pilpres 2019
Artikel Selanjutnya
Top 3 News Hari Ini: Tidak Mewah, Lihat Isi Mobil RI I Jokowi