Sukses

Siaga I di Bendung Katulampa Hari Ini Terlama dalam Sejarah

Tinggi muka air Bendung Katulampa Kota Bogor, Jawa Barat, mencapai puncaknya di level 240 sentimeter atau Siaga I pada pukul 09.10 WIB.

Liputan6.com, Bogor - Tinggi muka air Bendung Katulampa Kota Bogor, Jawa Barat, mencapai puncaknya di level 240 sentimeter atau Siaga I pada pukul 09.10 WIB, Senin (5/2/2018). Meski sempat turun di angka 220 cm sekitar pukul 11.00 WIB, debit air masih bertahan pada Siaga I hingga pukul 12.25 WIB.

Kepala Pengawas Bendung Katulampa Andi Sudirman menyatakan, tingginya muka air di Bendung Katulampa lebih lama dari tahun sebelumnya. Bahkan, dia mengungkap ini merupakan yang terlama dalam sejarah.

"Tahun-tahun sebelumnya Siaga I paling lama hanya sekitar 10-20 menit, setelah itu berangsur surut. Tapi kali ini sudah dua jam lebih masih bertahan di level 220 cm," kata Andi ditemui di Pos Bendung Katulampa.

Faktor yang menyebabkan lamanya durasi disebabkan di wilayah hulu sungai dan sekitarnya terus diguyur hujan deras dan merata.

"Faktornya karena di kawasan Puncak di terus diguyur hujan, sehingga Sungai Ciliwung meluap," ujar Andi.

Dia pun mengimbau warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung untuk waspada dan mengungsi ke dataran tinggi karena durasi yang cukup panjang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratusan Rumah Terendam

Sementara itu, akibat meluapnya Sungai Ciliwung, ratusan rumah warga di bantaran sungai terendam. Tak hanya rumah, Pasar Jambu pun ikut tergenang akibat luapan air sungai.

Akibat meluapnya air sungai juga merendam Jembatan Satu Duit di Jalan Ahmad Yani. Polisi akhirnya menutup jembatan tersebut dan mengalihkan kendaraan dari arah Istana Bogor menuju Warung Jambu maupun sebaliknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.