Sukses

Sopir Bus Mogok Kerja, Penumpang Telantar

Para penumpang bus angkutan umum di Bima dan Dompu, NTB, telantar. Awak bus yang mestinya mengangkut mereka tidak berani bekerja karena takut dihadang para sopir yang sedang mogok kerja.

Liputan6.com, Bima: Sejumlah sopir bus jurusan Bima-Dompu dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, sejak kemarin mogok kerja. Selain tidak mau menjalankan kendaraan dan melayani penumpang, mereka juga mencegat semua bus yang tetap beroperasi. Mereka memaksa bus yang mengangkut penumpang berbalik arah.

Sempat terjadi keributan saat sebuah truk milik Dinas Perhubungan melintas, Selasa (22/3). Puluhan sopir bus yang sedang mogok mencegat truk tersebut karena diduga mengangkut penumpang umum.
 
Aksi mereka tentu saja menyusahkan para penumpang. Ratusan calon penumpang termasuk pelajar tujuan Bima-Dompu-Sumbawa telantar di Terminal Dompu dan Bima. Pemogokan ini adalah protes atas beroperasinya angkot dan mobil carteran dari Kota Bima karena telah mengambil penumpang di trayek mereka.

Keberadaan mobil angkutan yang mereka tuding liar itu, mengakibatkan pendapatan para awak bus turun tajam. Tahun 2009 mereka mengadu ke Dinas Perhubungan Kabupaten Bima, namun hingga kini tak ada tanggapan.
 
Meski pemogokan sudah dua hari berlangsung hingga kini belum disepakati jalan keluar atas masalah tersebut. Mereka mengancam tetap akan mogok kerja hingga pemerintah menertibkan mobil angkutan yang menurut mereka liar.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini