Sukses

Kemendagri Minta Jajarannya Jaga Netralitas di Tahun Politik

Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri Sumarsono meminta jajaran instansinya tetap netral menyongsong Pilkada 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri Sumarsono meminta jajaran instansinya tetap netral menyongsong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

"Jaga keamanan, jaga ketertiban, jaga netralitas," kata pria karib disapa Soni ini di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin (8/1/2018).

Menurut mantan Plt gubernur DKI ini, ajakan memilih kepada masyarakat diharap tidak memicu kontroversi. Sumarsono mencontohkan, kesalahan memberi warna spanduk, bisa saja berbuntut panjang.

"Jadi nanti bagi Badan Pembangunan Daerah yang masang spanduk sifatnya harus umum dan berkordinasi dengan panitia pengawas pemilu, badan pengawas pemilu, jangan sampai warna spanduk terindikasi calon tertentu," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Persulit Calon

Kepada jajarannya, Soni mengimbau tiap pasangan calon (Paslon) yang nantinya meminta data informasi daerah, agar tidak dipersulit. Ini ditujukan agar tiap Paslon bisa menujukkan visi misi terbaiknya saat berkampanye.

"Jadi ini unsur visi misi dalam konteks ini disampaikan ke Bappeda, bila Paslon membutuhkan data supaya saat debat calon mempunyai basic data yang sama," Soni memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.