Sukses

Solo Layani Wisatawan dengan Bus Tingkat

Liputan6.com, Solo: Banyak cara mendatangkan turis. Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, mempunyai cara tersendiri. Mereka mengoperasikan bus tingkat yang bakal membawa para turis berkeliling Solo, terutama sejumlah obyek wisata.

Bus tingkat diluncurkan baru-baru ini, bertepatan dengan hari jadi ke-266 Kota Solo. Sebelumnya Solo juga telah mengoperasikan kereta uap kuno jaladara dan dinilai cukup sukses.

Tak sekedar bus tingkat, bus itu sengaja dibentuk khusus untuk memuaskan para turis. Atap bus yang biasanya tertutup, justru dibiarkan terbuka. Dengan begitu para turis bisa bebas melihat-lihat keindahan Kota Solo. Selain itu, rute bus juga dirancang melewati tempat-tempat wisata, seperti Kampung Batik Laweyan, Keraton Solo, Taman Balekambang, dan sebagainya. Untuk sekali jalan, penumpang cukup rogoh kocek Rp 20 ribu atau Rp 600 ribu untuk rombongan.

Selain bus tingkat, ada juga rail bus. Rutenya Solo-Wonogiri. Meski tarifnya belum ditentukan, tetapi rail bus dijamin akan tinggi peminat karena lebih nyaman daripada naik kereta biasa. "Ini akan lebih positif buat Kota Solo," ujar Retno, warga.

Sayangnya, dua hal baru itu belum bisa dinikmati warga maupun wisatawan dalam waktu dekat. Soalnya masih terkendala perbaikan teknis dan izin operasional.(ULF)
    Erupsi Gunung Bromo Mengundang Wisatawan Berswafoto
    Loading