Sukses

MPAA Hentikan Ekspor Film ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta: Motion Picture Association of America (MPAA) menghentikan distribusi film-film Hollywood ke Indonesia, Kamis (17/2). Keputusan tersebut dikatakan Vice Presiden MPAA Frank Rittman setelah pemutaran preview film nominasi Oscar Black Swan untuk para wartawan. Yang lebih membuat pihak MPAA geram adalah maraknya pembajakan film serta tarif bea masuk atas hak distribusi film impor yang melonjak tajam.

Dalam siaran persnya, MPAA juga mengemukakan kekhawatirannya mengenai pembajakan yang selalu luput dari pengawasan pemerintah. Hal itu dinilai MPAA sebagai bukti dari lemahnya penegakan hukum di Indonesia.

Kebijakan bea masuk atas hak distribusi film impor harusnya berlaku sejak tanggal 1 Januari 2009. Tanggal efektif itu ditunda dua kali, pertama hingga 1 Januari  2010, dan kemudian sampai bulan Januari 2012. Jika peraturan tersebut diberlakukan maka masuknya film impor akan dibatasi bahkan ditiadakan sama sekali. Hal tersebut dikhawatirkan dapat berimbas terhadap kelangsungan hidup jangka panjang dari industri film yang berkembang di Indonesia.

Ketua Ikatan Perusahaan Importir Film Indonesia Jimmy Hariyanto membenarkan berita itu. Namun ia enggan berkomentar lebih lanjut. (Vin)
    Loading