Sukses

Akhir Bulan, Ganti Rugi Sapi Dibayar

Liputan6.com, Jakarta: Kabar gembira bagi para pemilik sapi di lereng Gunung Merapi. Pada akhir November ini, para pemilik sapi akan didata dan ternak mereka segera diganti dengan kisaran harga mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 10 juta per ekor. Tidak tanggung-tanggung, pemerintah juga telah menggelontorkan dana sebesar Rp 100 miliar untuk mengganti sapi korban Merapi [baca: Pemerintah Beli Ternak Korban Merapi].

Maklum, sapi yang merupakan hewan ternak para penduduk di lereng Merapi adalah satu-satunya harta berharga yang mereka miliki. Dan sapi-sapi itulah yang menjadi sumber kehidupan mereka. Maka dari itu, kendati berbahaya, tetap saja para pengungsi letusan Merapi nekat pulang ke rumah demi memberi makan ternak mereka yang masih hidup.

Kini dengan rencana ganti rugi tersebut, para peternak mungkin tak perlu lagi merasa khawatir. Hal yang menggembirakan, pemerintah akan mengganti seluruh sapi baik yang sudah mati atau yang masih hidup dan ingin dijual.

Untuk sapi yang masih hidup, pemerintah menyediakan sembilan tempat penampungan ternak di Yogyakarta, lengkap dengan kebutuhan pakan ternak. Jadi diharapkan tak ada lagi pengungsi yang nekat membahayakan diri kembali ke rumahnya karena Gunung Merapi masih mengancam sewaktu-waktu.(BJK/ANS)
    Loading