Sukses

Selamatkan Jemaah Haji Pingsan, Petugas Dobrak Pintu Hotel

Sekretaris Sektor 7 Hasim Prasetio mengatakan, peristiwa ini diketahui pada Selasa dini hari, 15 Agustus 2017, saat ia bersama tim patroli.

Liputan6.com, Jakarta - Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja Mekah menyelamatkan jemaah embarkasi Banjarmasin kloter 10 di sektor 7, Mekah, Arab Saudi.

Petugas terpaksa mendobrak pintu kamar hotel nomor 401, untuk mengeluarkan satu jemaah haji lanjut usia yang terkunci di dalam.

Sekretaris Sektor 7 Hasim Prasetio mengatakan, peristiwa ini diketahui pada Selasa dini hari, 15 Agustus 2017, saat dirinya bersama tim patroli ke hotel 713 lantai 4. Pada saat itu, seorang jemaah calon haji memberitahukan bahwa terdapat jemaah yang terkunci di kamar sejak siang.

"Tadi malam saat kami tim C dengan ketua tim Alexander Pirmansyah patroli rutin, ternyata banyak jemaah yang ada di lorong kamar hotel 713 lantai 4," kata Hasim di Mekah, Arab Saudi, Selasa, 15 Agustus 2017.

"Maka diketahui informasi bahwa ada salah satu jamaah yang tidak ikut pergi ke Masjidil Haram, terkunci di dalam sejak siang. Ditelepon tidak diangkat dan digedor-gedor dipanggil tidak menjawab," dia melanjutkan.

Setelah mengetahui kejadian ini, kata Hasim, ketua tim langsung berkoordinasi dengan kepala sektor dan diterjunkan anggota Perlindungan Jamaah (Linjam) Mayor Dudu Badrusalam, yang langsung berkoordinasi dengan pihak hotel untuk mendobrak pintu kamar 401.

"Jemaah ditemukan pingsan karena maag akut, setelah itu langsung ditangani oleh dokter kloter, sehingga jamaah tersebut bisa sadar kembali," ujar dia.

Agar tidak terjadi hal serupa, Hasim mengimbau, jika terdapat jemaah haji di kamar untuk tidak mengunci. Atau bila meninggalkan kamar yang terdapat jemaah lansia, agar memberitahukan kepada teman satu regu untuk menitipkan kunci di safety box lobi hotel.

"Tadi siang saya sendiri yang mengecek jemaah tersebut dan telah beraktivitas sebagaimana mestinya. Kami sangat mengapresiasi ketua tim, Linjam, petugas dan tim kesehatan yang begitu sigap," Hasim menandaskan.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.