Sukses

Buya Syafii: Rongsokan Peradaban Arab Jatuh, Dibeli di Indonesia

Syafi'i Maarif meminta agar masyarakat tidak mudah terjerumus dan terpengaruh paham-paham radikal.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Syafi'i Maarif, di Istana Kepresidenan, Jakarta. Keduanya terlibat diskusi selama 50 menit dan membahas berbagai hal.

Usai pertemuan, Syafi'i yang kerap disapa Buya itu mengatakan, pembahasan utama dengan Jokowi terkait ketimpangan ekonomi yang saat ini terjadi. Banyak hal yang harus dilakukan agar ketimpangan segera dihapus. Salah satunya memberantas radikalisme dan terorisme.

"Seperti jalan rumput kering yang rentan sekali dan bisa memicu macam-macam, pakai agama segala macam itu," kata Syafi'i di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Syafi'i pun mencontohkan negara Timur Tengah yang disibukkan dengan konflik horizontal, termasuk kemunculan ISIS di berbagai negara.

"Rongsokan peradaban Arab yang kalah. ISIS puncaknya," ujar anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Pancasila (UKP-PIP) itu.

Syafii pun meminta agar masyarakat tidak mudah terjerumus dan terpengaruh paham-paham radikal. Caranya, dengan memilih guru atau pemuka agama yang tidak berpikir radikal dan menyimpang.

"Orang-orang Indonesia yang muslim menganggap karena mereka mengerti bahasa Arab, itu disangka mewakili agama. Ndak bisa. Ini rongsokan. Masa dibiarkan begini? Ya merusak di Filipina, merusak di mana-mana. Rongsokan peradaban Arab yang sedang jatuh, dibeli di Indonesia," ucap dia.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.